• Pilihan

    Harimau Sumatra di TNKS Tinggal 50 Ekor

    harimau
    KERINCINEWS.COM, KERINCI -  Populasi Harimau Sumatera atau Phantera Tigris Sumatraensis di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang tersebar dalam empat provinsi hingga saat ini tersisa 50 ekor.

    "Berdasarkan data yang ada di TNKS jumlah populasi Harimau Sumatera ini sampai dengan awal 2014 lalu tersisa 50 ekor. Jumlah Harimau Sumatera yang masih tersisa ini tersebar dalam empat provinsi yang meliputi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat," kata Kepala Bagian Data TNKS wilayah III Kabupaten Rejanglebong, Zulfadli di Rejanglebong, Selasa (12/8/2014).

    Jumlah populasi Harimau Sumatera di dalam kawasan TNKS tersebut setiap tahun terus menyusut akibat maraknya perburuan satwa liar, serta aksi perambahan hutan untuk pembukaan lahan pertanian, pembalakan hutan, maupun usaha tambang.

    Ancaman terhadap kelestarian satwa di TNKS belakangan ini bukan saja mengancam satwa khas Sumatera tersebut, tapi juga terjadi pada jenis hewan lainnya yakni gajah dan badak sumatera.

    Selain itu, di lokasi TNKS juga mulai terjadi kerusakan yang tergolong parah. Untuk wilayah Provinsi Bengkulu yang meliputi Kabupaten Mukomuko, Lebong, Rejanglebong dan Bengkulu Utara dengan luas mencapai 340 ribu hektar, --berdasarkan foto udara Citra Satelit, 20.000 hektare sedangkan mengalami kerusakan. Sementara, berdasarkan pantauan langsung petugas Polhut TNKS jumlah kerusakan terdata seluas 5.000 sampai 6.000 hektare.

    Zulfadli mengaku saat ini tengah mengintensifkan patroli pengamanan hutan di kawasan TNKS yang ada di Kabupaten Rejanglebong yang luasnya mencapai 26.000 hektare. Selain untuk mencegah terjadinya kasus pembalakan liar maupun perambahan, juga untuk mencegah terjadinya perburuan satwa liar TNKS oleh masyarakat maupun kelompok pemburu satwa liar.

    "Saat ini upaya pengamanan kawasan TNKS dilakukan dengan mengintensifkan patroli oleh Polhut TNKS dan sosialisasi kepada masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan untuk menjaga kelestarian hutan serta ekosistem yang ada di TNKS," ujar Zulfadli.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Harimau Sumatra di TNKS Tinggal 50 Ekor
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Harimau Sumatra di TNKS Tinggal 50 Ekor Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library