• Pilihan

    Hasip Kalimuddin Syam : Lima Kriteria Pendamping HBA

    Hasip Kalamudin Syam
    KERINCINEWS.COM, Kriteria calon wakil gubernur HBA di Pilgub 2015 mendatang resmi dirilis. Melalui dewan penasehat tim pemenangan HBA, sudah ditetapkan lima kriteria calon wakil gubernur (Cawagub) yang bakal mendampingi HBA maju di Pilgub Jambi 2015.

    Hasip Kalimudin Syam, Ketua Dewan Penasehat Tim Pemenangan HBA, beban tugas meningkatkan kualitas pemerintah daerah tidak dapat diserahkan kepada gubernur terpilih saja. "Wagub juga ikut bertanggungjawab mewujudkan tujuan pemerintah daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah," katanya didampingi Asnawi Nasution dalam jumpa pers di kantor Lembaga Adat Jambi, kemarin (12/8).

    Lima kriteria yang harus dipenuhi Cawagub pendamping HBA, pertama, kompetensi dan kapabilitas (skill dan kemampuan), kedua, acceptabilitas (diterima semua pihak, masyarakat), ketiga, integritas (jujur), keempat, chemistry (sejiwa, kompak dan saling melengkapi), dan kelima, visioner (berpandangan jauh kedepan). "Jadi bukan karena dukungan dana, walaupun kita tahu tanpa dukungan dana apa yang bisa diperbuat," ujarnya.

    Mengenai beberapa nama yang beredar bakal mendampingi HBA saat ini, kata Hasip diserahkan sepenuhnya kepada HBA untuk menentukan dan memilih. Namun, dewan penasehat mengharapkan lima kriteria yang disampaikan ke HBA bisa dipenuhi Cawagub pendamping yang bakal dipilih. "Dari kriteria calon wakil gubernur yang akan diseleksi, sulit untuk ditentukan jumlahnya saat ini," katanya.

    Dewan penasehat diakui Hasip hanya bisa menyarankan, karena yang mengajukan atau mendaftarkan cagub dan cawagub ke KPU adalah partai koalisi pendukung. "Sudah tentu pencalonan wakil gubernur akan dibicarakan bersama-sama partai pendukung," tegasnya.

    Terpisah, HBA yang kini menjabat Gubernur Jambi saat ditemui usai menghadiri sidang paripurna di Gedung DPRD Provinsi Jambi mengaku dirinya sudah mengetahui beberapa kriteria yang diusulkan tersebut. Akan tetapi, HBA sangat bertentang jika ada kriteria yang membicarakan soal keterwakilan daerah barat dan timur.

    “Apa yang diajukan (kriteria) oleh orang tua kita itu sangatlah positif. Kita jangan membuat kriteria timur dan barat termasuk masalah kesukuan. Kalau itu kita buat, secara tidak langsung memancing perpecahan diantara kita. Yang jelas siapapun di era demokrasi ini lumrah untuk maju,” ungkapnya.

    Akan tetapi, tidak dipungkiri disamping profesionalitas, juga diperhatikan beberapa keterwakilan daerah dan itu pasti menjadi pertimbangan. “Akan tetapi hal ini tidak perlu dibesar-besarkan. Jika ini terus dibicarakan berbahaya sekali. Yang jelas kita harapkan tidak ada pengkotak-kotakan,” ucapnya. Bagaimana dengan pernyataan Fachrori Umar yang siap maju dan atau menjadi pendamping kandidat lain, HBA menyatakan siapapun yang ingin maju silahkan, termasuk untuk Fachrori Umar dan para bupati. “Bupati maju tidak apa-apa. Saya pernaha menyampaikan hal ini, kalau ada hasrat ingin maju sebagai cagub silahkan maju, jangan saya dengan Zumi Zola saja yang maju. Ini proses politik dan saya rela, jika rakyat tidak merelakan saya, saya rela. siapa yang didukung kita serahkan kepada rakyat,” tandasnya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Hasip Kalimuddin Syam : Lima Kriteria Pendamping HBA


    (harianjambi.com)
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Hasip Kalimuddin Syam : Lima Kriteria Pendamping HBA Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library