• Pilihan

    Pungli Masih Berlanjut Pada Objek Wisata di Kerinci

    parkir
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Pungutan liar di sejumlah lokasi objek wisata di Kerinci terus berlanjut. Walau, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporaparbud), akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek.

    Pengakuan sejumlah warga, retribusi masuk dan uang pakir di lokasi objek wisata tetap mahal. Untuk orang dewasa, retribusi masuk dipungut Rp 10 ribu, padahal sesuai Perda hanya Rp 4 ribu. Untuk parkir, tetap diminta Rp 10 ribu bagi kendaraan roda dua. Padahal, perdanya hanya Rp 2 ribu.

    "Benar, hari ini uang masuk ke lokasi wisata tetap Rp 10 ribu, dan uang parkir sepeda motor juga Rp 10 ribu. Saya sempat minta kurang, tapi petugas tetap saja menolak," ungkap Edi T, pengunjung objek wisata Danau Kerinci.

    Edi menyayangkan pungli ini, karena membebani masyarakat. "Kalau kalangan menengah ke atas tidak jadi masalah. Bbagaimana bagi masyarakat miskin. Ini harus ditindak tanpa pandang bulu," harapnya.

    Hal serupa juga terjadi di lokasi objek wisata Air Terjun Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh. Setiap pengunjung yang akan masuk, diminta bayaran sebesar Rp 10 ribu. Saat ditanya, petugas lagi-lagi berdalih tarif tersebut sesuai dengan arahan Kadisporaparbud Kerinci.

    Pelaksana Harian UPTD objek wisata danau kerinci, Heri, diminta komentarnya berdalih mahalnya retribusi, karena ada hiburan ataupun permainan yang diadakan oleh pihak ketiga di lokasi objek wisata.

    "Restribusi tetap sesuai perda. Hanya saja, pihak ketiga boleh memungut lebih, jika ada hiburan tambahan ataupun permainan," ujarnya.

    Ditanya apakah tambahan boleh tiga kali lipat dari perda? Heri tidak memberikan jawaban.

    Sedangkan untuk parkir, Heri mengklaim di kawasan objek wisata tetap sesuai perda. "Parkir di dalam kawasan tetap sesuai perda. Kalau diluar saya tidak tahu, karena dikelola dinas perhubungan," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Disporaparbud Kerinci, Ardinal membantah mengeluarkan perintah kepada petugas untuk memungut retribusi diluar ketentuan perda.

    "Maaf, saya tidak pernah memerintahkan seperti itu. Tarif masuk objek wisata dan parkir, tetap sesuai dengan perda," katanya dikonfirmasi Tribun via SMS.Ia mengaku, pihaknya tidak pernah mengeluarkan karcis



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Pungli Masih Berlanjut Pada Objek Wisata di Kerinci


    sumber :tribunsnews.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pungli Masih Berlanjut Pada Objek Wisata di Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library