• Pilihan

    Ternyata Monyet Selfie Tinggal di Indonesia

    Monyet selfie
    KERINCINEWS.COM, Jakarta - Wikimedia, organisasi yang menaungi situs ensiklopedi Wikipedia, sedang berseteru dengan fotografer David Slater. Sengketa terkait foto selfie yang dilakukan seekor monyet, dengan kamera milik Slater. Selidik punya selidik, sang monyet ini ternyata berasal dari Indonesia.

    Ceritanya pada tahun 2011, Slater yang asli Inggris ini berkunjung ke hutan di pulau Sulawesi. Dia ingin mengabadikan monyet hitam yang langka itu. Dia sampai di lokasi, kemudian dikerumuni para monyet yang penasaran dengan kameranya.

    Salah satu monyet membajak perangkat kamera Slater dan menekan tombol shutter berkali-kali. "Mereka ini cukup jahil, melompat lompat di peralatanku dan sepertinya mereka bisa berpose di depan kamera ketika salah satunya menekan tombol," terang Slater.

    "Suara yang terdengar membuatnya tertarik dan dia terus menekannya. Awalnya hal ini membuat banyak monyet itu takut dan menjauh, tapi mereka segera kembali lagi. Sungguh pemandangan yang menakjubkan," tambah Slater.

    Sang monyet menjepret begitu banyak foto. Tidak semuanya bagus tentu saja, tapi ada satu foto selfie yang terlihat sempurna. Foto itulah yang saat ini terkenal karena sang monyet terlihat tertawa lebar dan menjepret dirinya sendiri.

    Merasa foto itu hak ciptanya, Slater meradang ketika Wikimedia memajangnya tanpa permisi dan ia meminta foto itu dihapus. Wikimedia menolak dengan alasan monyet itu memotret dirinya sendiri (selfie) dan sang fotografer tak seharusnya mempunyai hak atasnya. Karena bukan dirinya yang mengambil foto itu.

    "Dia tidak bisa memiliki foto itu, karena ia tidak mengambil foto tersebut," kata editor Wikimedia. Mereka menegaskan foto itu dalam domain publik, karena sebagai karya hewan (non-manusia), sehingga manusia tidak bisa memiliki hak ciptanya

    Tapi Slater tetap ngotot, bahkan berencana melakukan gugatan hukum karena merasa rugi besar. Ia mengaku sudah berkonsultasi dengan pengacara terkait perkara ini.

    "Aku yang memiliki fotonya tapi karena monyetnya yang menekan tombol, mereka mengklaim monyet itu yang punya hak ciptanya. Masalahnya adalah mereka mengatakan pada orang bahwa foto itu bebas digunakan karena berada di publik domain," tutur Slater.

    Foto monyet selfie itu memang bisa diakses di database Wikimedia dan bisa dikopi oleh siapapun. Itulah yang membuat Slater meradang dan merasa dirugikan sampai ratusan juta rupiah.

    "Tidak ada yang memberi Wikimedia hak untuk memutuskan siapa yang memiliki hak cipta foto itu dan memberikan izin pada orang-orang menggunakannya tanpa permisi. Mereka tidak tahu cerita di baliknya," pungkas Slater.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Ternyata Monyet Selfie Tinggal di Indonesia
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ternyata Monyet Selfie Tinggal di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library