• Pilihan

    Lagi, Pupuk Subsidi Langka Di Kerinci

    Armen
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Lagi-lagi warga petani Kerinci mengeluh. Keluhan kali ini disebabkan, kelangkaan pupuk yang terjadi sejak Februari 2014 kemarin.

    Di wilayah Kayu Aro Kerinci, harga pupuk non subsidi mencapai Rp 130.000 per karung dan pupuk Ponska tembus di angka Rp 220.000. Mahalnya pupuk ini menyebabkan para petani menengah ke bawah mengeluh. 

    Supian, seorang petani kepada SR28 mengatakan, akibat tingginya harga pupuk, petani menjerit. Kondisi pahit ini paling dirasakan oleh petani tingkat bawah yang tidak bisa menikmati hasil yang maksimal. 
    "Kelangkaan pupuk ini terjadi sejak bulan 2 (Februari) lalu. Sampai saat ini masih belum stabil. Bahkan pupuk tersebut sulit untuk didapat, sehingga dampak buruknya, kami mengalami gagal panen dan hasil pertanian yang tidak optimal," kata Supian.

    Supian meminta kepada pemerintah daerah agar distribusi pupuk tersebut tidak melalui distributor. "Kami menyarankan kepada pemerintah agar pupuk dijual melalui koperasi, tidak melalui distributor," harapnya.

    Kelangkaan yang terjadi pada beberapa bulan terakhir, Pemda Kerinci telah meninjau langsung ke lapangan serta mengadakan pertemuan bersama masyarakat yang bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Kerinci.

    Menurut keterangan Armen, Kabid Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Kerinci kepada SR28 membenarkan adanya kelangkaan pupuk bersubsidi tersebut. 
    "Ya, benar beberapa bulan terakhir kita mengalami kelangkaan pupuk. Namun dalam hal ini kita sudah mengadakan rapat bersama petani dan juga para distributor untuk mencegah terjadinya kelangkaan pupuk lagi," tukasnya.

    Dalam pertemuan itu, lanjut Armen, disepakati masing-masing kecamatan diberikan rekomendasi untuk menyalurkan pupuk bersubsidi itu. 
    "Seperti di Semurup dengan Siulak satu distributor, dan di Kayu Aro satu lagi distributor," jelasnya.



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Pupuk Subsidi Langka Di Kerinci
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Lagi, Pupuk Subsidi Langka Di Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library