• Pilihan

    Pilkada Serentak, KPU Belum Ada Persiapan

    kpu jambi
    KERINCINEWS.COMJAMBI – Salah satu butir dalam RUU Pilkada adalah tentang Pilkada serentak. Namun KPU Provinsi Jambi belum ada melakukan persiapan khusus terkait kemungkinan Pilkada serentak tersebut.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan kepada sejumlah wartawan kemarin (22/09). “Kita belum melakukan koordinasi dengan KPU kabupaten soal kemungkinan Pilkada serentak. Karena tidak mungkin koordinasi sementara masih ada kemungkinan lain,” ujarnya.

    Bahkan menurutnya, sejauh ini belum ada konsultasi yang dilakukan KPU kabupaten/kota terutama daerah yang akan menggelar Pilkada di tahun 2015 ini. Karena jika merujuk undang-undang lama yang bisa digabung minimal jarak masa akhir jabatannya adalah 90 hari atau 3 bulan.

    “Sampai saat ini belum ada yang menanyakan soal ini, jadi kita tunggu saja pengesahan Undang-Undang baru,” tuturnya.

    Sejauh ini, KPU tetap mempersiapkan pelaksanaan Pilgub Jambi. Perubahan rancangan tahapan jadwal Pilgub yang bergeser ke Mei, bukan sengaja menunggu RUU Pilkada tetapi berdasarkan hasil konsultasi dengan KPU RI. Adapun pertimbangannya jarak yang terlalu jauh antara hari H pemungutan suara dengan masa pelantikan.

    Makanyan jika dihitung pemungutan suara 9 April, maka Pilkada sudah diketahui hasilnya 17-18 April. Penyampaian gugataan sendiri 3 hari setelah ditetapkan. Adapun masa persidangan 14 hari. “Artinya dibulan April sendiri sudah hampir selesai,” tukasnya.

    Makanya jika dihitung adanya putaran kedua atau diulang masih bisa dilakukan di Mei. “Biasanya jadi masalah soal pengadaan logistik. Tapi bisa disiasati pada pengadaan logistik pada putaran pertama yang diikutkan logistik putaran kedua. Tentu dibuat adendumnya,” katanya.

    Lantas bagaimana jika Pilkada di dewan? “Tentu saja semua tahapan batal demi hukum. Tapi kita belum mulai, hanya persiapan,” tandasnya.

    Saat ini sambil menyiapkan dan melihat perkembangan politik hingga 25 September mendatang, KPU tetap melakukan persiapan. “Hari Kamis ada pelatihan soal anggaran dengan narasumber KPU RI. Ini juga bentuk persiapan pelaksanaan Pilkada di daerah jika dipilih langsung,” pungkasnya.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Pilkada Serentak, KPU Belum Ada Persiapan
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pilkada Serentak, KPU Belum Ada Persiapan Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library