• Pilihan

    Tolak Mercy Jadi Mobil Dinas Menteri, Ini Alasan Jusuf Kalla

    Yusuf Kalla
    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Kontroversi pengadaan mobil mewah menteri Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla terus bergulir. Pengadaan kendaraan bagi menteri dan pejabat setingkatnya, merupakan kebijakan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dianggarkan pada tahun anggaran 2014.

    Pemerintah pun telah melakukan lelang pengadaan, dan menetapkan PT Mercedes Benz Indonesia sebagai pemenang lelang mobil dinas menteri. Mobil besutan Jerman itu pun akan menjadi tunggangan para menteri di kabinet pemerintahan mendatang.

    Kebijakan menjadikan Mercy sebagai mobil dinas mengundang banyak protes, tak terkecuali dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla. Jokowi menolak mobil Mercy sebagai mobil dinas menteri, dengan alasan efisiensi. Begitu juga dengan Jusuf Kalla. Pria yang akrab disapa JK itu juga dengan tegas menolak jenis kendaraan tersebut.

    "Harusnya tidak usah beli mobil dinas baru, tak perlu pengadaan mobil baru untuk anggota kabinet periode 2014-2019," kata JK, saat menghadiri Diesnatalis Universitas Hasanuddin, Makassar, Rabu 10 September 2014.

    JK menuturkan, saat dia menjabat wapres pada 2004 lalu, pemerintahannya mengambil kebijakan untuk tidak mengalokasikan anggaran untuk pengadaan mobil dinas menteri. JK meminta kabinetnya untuk menggunakan mobil yang lama.

    "Itu juga bisa dilakukan periode ini. Mobil dinas itu bisa dipakai 10 tahun lamanya," ujar JK.

    Mantan ketua umum Partai Golkar itu menyayangkan, jika uang negara yang nilainya hampir Rp100 miliar itu hanya digunakan untuk pengadaan mobil dinas. Padahal, di sisi lain, masih banyak hal penting yang membutuhkan anggaran.

    Berdasarkan berita acara evaluasi dokumen penawaran Nomor BA-06/PPBJ-PKMPSM/08/2014, tanggal 26 Agustus 2014, Mercedes Benz disebut menjadi pemenang tender pengadaan mobil dinas untuk menteri, atau pejabat setingkat menteri dengan harga penawaran setelah klarifikasi dan negosiasi senilai Rp91,9 miliar.

    Sebelumnya pagu anggaran pengadaan kendaraan dinas para menteri yang diusulkan pemerintah adalah sekitar Rp104 miliar dengan harga perkiraan sementara sekitar Rp101 miliar.
    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Tolak Mercy Jadi Mobil Dinas Menteri, Ini Alasan Jusuf Kalla
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tolak Mercy Jadi Mobil Dinas Menteri, Ini Alasan Jusuf Kalla Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library