• Pilihan

    Warga Kerinci Sesak Napas Saat Keluar Rumah

    kabut
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Kabut asap kembali menyelimuti wilayah Kabupaten Kerinci dan Sungaipenuh dua hari terakhir. Diduga, asap ini merupakan asap kiriman dari provinsi tetangga, yang mengalami kebakaran hutan.

    Akibat kabut asap tersebut, jarak pandang diperkirakan hanya sekitar 2 kilometer. Selain mempengaruhi jarak pandang, kabut asap ini juga bisa membahayakan kesehatan, terutama saat beraktivitas di luar rumah.

    "Napas menjadi sesak, jika terlalu banyak berada di luar rumah. Saat menghirup napas, juga tercium bau asap yang menyengat. Sehingga, rongga dada menjadi sakit," kata Dedi, warga Kerinci, Rabu (17/9).

    Pengamat cuara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kerinci, Dira Utama mengakui, adanya kabut asap di wilayah Kerinci dan Sungaipenuh. Dikatakannya, kabut asap itu tidak hanya dari daerah tetangga saja, namun juga dari Kerinci dan Sungaipenuh sendiri. "Pagi ini-- kemarin---kabut asap mulai terjadi. Tapi ini belum berbahaya, karena jarak pandang masih dalam taraf normal," katanya.

    Dijelaskannya, berdasarkan data dari pengamatan BMKG, jarak pandang kabut asap ini baru 2 kilometer. Bahkan, dengan jarak pandang tersebut, juga tidak berpengaruh terhadap penerbangan di Bandara Depati Parbo.

    "Penerbangan pesawat tidak terganggu. Sekitar jam 10.00 pesawat masih mendarat dengan mulus tanpa ada gangguan jarak kata Dira di kantornya yang berada di samping bandara.

    Ia mengaku, untuk sementara asap berasal dari beberapa daerah. Seperti Palembang, Merangin dan ada juga yang berasal dari Kerinci dan Sungaipenuh.

    "Disebabkan kebakaran hutan. Seperti di Sungaipenuh, ada kebakaran hutan di Renah Kayu Embun. Begitu juga di wilayah Kerinci dan wilayah lainnya, termasuk di kawasan TNKS," ujarnya.

    Sementara itu, mantan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kerinci, Abu Hasan mengatakan, data yang ia dapat, kabut asap kiriman dari Riau.

    "Sudah dua hari ini kabut asap di Kerinci. Asapnya kiriman dari Riau. Angin bertiup dari timur laut menghembus ke barat daya. Sehingga sampai ke wilayah Kerinci dan Sungaipenuh," katanya.
    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Warga Kerinci Sesak Napas Saat Keluar Rumah
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Warga Kerinci Sesak Napas Saat Keluar Rumah Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library