• Pilihan

    Diduga Inspektorat Kerinci Mainkan Temuan

    kantor-inspektorat
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Salah satu syarat pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) 2014 adalah tindak lanjut temuan inspektorat terhadap pengelolaan ADD 2013. Menariknya, ada desa di Kab. Kerinci yang diduga tidak membelanjakan ADD 2013 seutuhnya yang seharusnya menjadi temuan inspektorat malah bisa mencairkan ADD 2014.

    Kuat dugaan, pihak Inspektorat Kabupaten Kerinci, main mata dengan mantan Kepala Desa (Kades) yang bersangkutan.

    Menurut salah seorang PJs Kepala Desa di Kecamatan Air Hangat Timur yang meminta namanya tidak di tulis, di desa mereka sangat banyak temuan Inspektorat Kabupaten Kerinci terhadap pengelolaan ADD 2013. Namun, temuan tersebut bukan dia yang menyelesaikannya, melainkan dia serahkan ke Inspektur Inspektorat Kabupaten Kerinci.

    “Bagaimana penyelesaian temuan itu saya tidak tahu, yang jelas saya tidak menyelesaikannya. Karena saya tidak tahu apa-apa saja yang di beli PJs Kades sebelum saya,” katanya.

    Untuk inventaris desa yang dia terima dari PJs Kades sebelumnya, hanya satu unit sepeda motor dinas.

    "Hanya sepeda motor dinas yang saya terima dari PJs Kades lama, selebihnya saya tidak tahu. Kalau di lihat, ADD 2013 tidak ada dibelanjakan selain untuk pembelian sepeda motor," katanya kepada wartawan, Kamis (23/10/2014).

    Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Kerinci, Zainal Efendi dikonfirmasi mengaku belum tahu mengenai tindaklanjut temuan ADD 2013 salah satu desa di Kecamatan Air Hangat Timur.

    "Saya belum tau, akan kita tindak lanjuti informasi masyarakat ini," kata Zainal ditemui di Kantor Bupati Kerinci, Selasa (21/10/2014) lalu.

    Zainal mengaku, salah satu syarat pencairan ADD 2014, adalah tindak lanjut temuan Inspektorat terhadap penggunaan ADD 2013.

    "Pencairannya saya juga tidak tahu, kita koordinasikan dengan SKPD terkait," ujar mantan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kerinci ini.

    Menariknya, Inspektur Inspektorat Kabupaten Kerinci menyatakan tidak tahu dengan tindaklanjut temuan mereka, sementara tindaklanjut temuan Inspektorat dikeluarkan Inspektorat itu sendiri.

    Jika temuan Inspektorat belum ditindaklanjuti dan Kades belum mengantongi surat penyelesaian tindaklanjut Inspektorat, maka Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPP dan KB) Kerinci bersama Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA) Kerinci tidak mungkin mengeluarkan rekomendasi pencairan ADD 2014.

    Sebelumnya, Kepala BPMPDPP dan KB Kabupaten Kerinci, Adli SH kepada wartawan mengatakan, salah satu syarat pencairan ADD 2014 adalah menindak lanjuti temuan Inspektorat pada ADD 2013.

    Kades harus menindaklanjuti temuan Inspektorat pada ADD 2013, kalau tidak ya tidak kita keluarkan rekomendasi pencairan ADD 2014," kata mantan Sekwan Kerinci tersebut.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Inspektorat Kerinci Diduga Mainkan Temuan
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Diduga Inspektorat Kerinci Mainkan Temuan Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library