• Pilihan

    Nilai Passing Grade Kelulusan CPNS 2014

    cpns
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Nilai Passing Grade Kelulusan CPNS Tahun 2014~Beberapa instansi yang membuka formasi CPNS Tahun 2014 telah selesai melaksanakan ujian CAT, baik CAT BKN maupun CAT UKG. Sebagaimana yang diketahui bahwa materi soal Tes Kompetensi Dasar atau yang sering disingkat dengan istilah TKD terdiri dari 3 kelompok soal, yaitu TKP (Tes Karakteristik Kepribadian), TIU (Tes Intelegensia Umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). 

    Ketiga kelompok ini memiliki rentang nilai yang berbeda. Sebagaimana dijelaskan didalam artikel Trik Menjawab Soal CAT CPNS Agar Lulus CPNS Tahun 2014 bahwa TKP memiliki rentang nilai 1 s.d 5. Artinya setiap opsi jawaban dari soal TKD memiliki nilai dari 1 s.d 5. Sehingga kelompok soal ini tidak boleh kosong. Adapun kelompok soal TIU dan TWK memiliki penilaian 0 untuk jawaban salah dan 5 untuk jawaban benar.

    Diakhir pelaksanaan ujian TKD menggunakan CAT bagi setiap peserta seleksi CPNS, sistem akan menampilkan nilai TKP, TIU dan TWK yang diperoleh. Salah satu hal yang perlu diketahui oleh peserta seleksi CPNS adalah nilai ambang batas atau passing grade yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menentukan seorang peserta seleksi CPNS lulus ujian TKD atau tidak. Jika melewati ambang batas, berarti peserta yang bersangkutan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tahap selanjutnya yaitu Tes Kompetensi Bidang atau TKB.

    Hingga saat ini, nilai ambang batas atau passing grade ujian TKD belum diumumkan. Akan tetapi, kita dapat menilik kembali nilai passing grade yang ditetapkan untuk pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2013 lalu. Pada tahun 2013 lalu, nilai ambang batas atau passing grade ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 35/2013 tentang Nilai Ambang Batas TKD Seleksi CPNS dari Pelamar Umum tahun 2013. Nilai ambang batas seleksi CPNS tahun 2013adalah sebagai berikut :

    1. Kriteria nilai ambang batas TKP adalah 60%. Jumlah soal TKD adalah 35 soal. Nilai tertinggi TKD adalah 35 x 5 = 175. Jadi nilai ambang batas TKD adalah 60% x 175 = 105. Nilai ambang batas/passing grade TKD adalah 105.
    2. Kriteria nilai ambang batas TIU adalah 50%. Jumlah soal TIU adalah 30 soal. Nilai tertinggi TIU adalah 30 x 5 = 150. Jadi nilai ambang batas TIU adalah 50% x 150 = 75. Nilai ambang batas/passing grade TIU adalah 75.
    3. Kriteria nilai ambang batas TWK adalah 40%. Jumlah soal TWK adalah 35 soal. Nilai tertinggi TWK adalah 35 x 5 = 165. Jadi nilai ambang batas TWK adalah 40% x 165 = 70. Nilai ambang batas/passing grade TWK adalah 70.
    Akan tetapi, nilai ketiga kelompok soal ini harus memenuhi persentase diatas. Artinya, meskipun TIU dan TWK memperoleh nilai sangat tinggi, tetapi TKP tidak mencapai passing grade, maka yang bersangkutan juga tidak akan lulus TKD. Namun demikian, nilai passing grade ini adalah nilai passing grade yang berlaku tahun 2013 lalu. Dengan ini, peserta seleksi dapat mengira-ngira apakah lulus TKD atau tidak. Sehingga dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti TKB selanjutnya. Demikian, semoga bermanfaat.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Nilai Passing Grade Kelulusan CPNS 2014

    sumber : infoptk.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Nilai Passing Grade Kelulusan CPNS 2014 Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library