• Pilihan

    PAD Kerinci Tidak Penuhi Target

    uang
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga akhir triwulan ketiga pada September lalu, masih belum mampu mencapai target yang ditetapkan. 

    Dari data yang terhimpun, PAD Kab. Kerinci hingga akhir September, baru mencapai Rp 43 milyar, sementara target PAD sebesar Rp 55 milyar. Berarti PAD yang masuk pada kas daerah baru 79,35 persen.

    Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Kekayaan, dan Aset Daerah (DPPKA) Kabupaten Kerinci, Mahyudi, mengatakan dari target PAD sebesar Rp 55 milyar, baru terealisasi sebesar Rp 43,7 milyar, atau sekitar 79, 35 persen dari target.

    “Jumlah ini tercatat hingga akhir September kemarin atau akhir triwulan ketiga,” jelasnya. 

    PAD tersebut bersumber dari pajak daerah sebesar Rp 4,9 milyar, kemudian retribusi daerah Rp 1,9 milyar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp 6,5 milyar, dan pendapan asli daerah yang sah lainnya sebesar Rp 30,2 milyar.

    “Yang terbesar penyumbang PAD dari lain-lain PAD yang sah, sedang yang terendah dari retribusi daerah,” ungkapnya.

    Dari jumlah PAD tersebut, khusus yang bersumber dari pajak daerah, pajak penerangan jalan PLN merupakan penyumbang tertinggi, yakni Rp 2,2 milyar. 
    “Sedangkan dari retribusi daerah, penyumbang tertinggi dari retribusi pemakaian kekayaan daerah seperti pemakaian alat-alat berat sebesar Rp 457 juta,” jelasnya.

    Sementara itu, lanjut dia, dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan bersumber dari bagian laba atas penyertaan modal pada Perusahaan Milik Daerah/BUMD di BPD sebesar Rp 6,5 milyar. Kemudian dari lain-lain pendapatan asli daerah yang sah penyumbang terbesar berasal dari pendapatan BUMD sebesar Rp 20,5 Milyar. 

    “Penerimaan PAD sampai akhir September merupakan triwulan ketiga, terakhir sampai triwulan keempat. Mudah-mudahan target dapat tercapai,” sebutnya.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :PAD Kerinci Tidak Penuhi Target
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PAD Kerinci Tidak Penuhi Target Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library