• Pilihan

    Perpu Pilkada : Parpol Bisa Calonkan Lebih dari Satu Kandidat

    kpu

    Perpu Pilkada

    KERINCINEWS.COM, JAMBI - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), saat ini masih menunggu apakah disetujui oleh DPR RI atau tidak.


    Beberapa waktu lalu, Mendagri Gamawan Fauzi menyatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah bisa merancang peraturan KPU terkait pelaksanaan pilkada berdasarkan Perppu tersebut dan sudah bisa digunakan sebagai landasan hukum dalam merancang ulang tahapan. Hanya saja, isi dari Perppu itu sendiri secara teknis masih dibutuhkan pemahaman oleh para komisioner KPU, khususnya yang ada di daerah.

    Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi, mengatakan salah satu poin Perppu itu mengatakan bahwa partai atau gabungan partai politik bisa mengusulkan lebih dari satu bakal calon kepala daerah. “Dalam Perppu itu salah satu poinnya adalah partai maupun gabungan partai bisa mengusulkan bakal calon kepala daerah lebih dari satu orang. Tidak dibatasi untuk partai mengusung jumlah bakal calon,” ujarnya.

    Menurut dia, bakal calon kepala daerah yang didaftarkan oleh partai maupun gabungan partai itu, kemudian akan diuji publik. “Di situ nanti akan diketahui, bakal calon yang layak atau tidak sebagai calon,” jelasnya.

    Sanusi mengatakan, terkait Perppu, pihaknya juga masih menunggu petunjuk dari KPU pusat. ‘’KPU RI saat ini sedang membahas mengenai perubahan tahapan PKPU,’’ ungkapnya.

    Karena, ada beberapa hal yang secara subtansial harus masuk dalam tahapan. Seperti, terkait dengan pendaftaran bakal calon, kalau di Pilkada sebelumnya tidak ada yang namanya pendaftaran bakal calon, tapi untuk saat ini kalau dilihat di Perppu, hal itu ada dan dilakukan 6 bulan sebelum pendaftaran calon dilakukan, kemudian juga dilakukan uji publik paling lama 3 bulan sebelum pendaftaran calon.

    Sedangkan untuk syaratnya sendiri juga terjadi perubahan dari undang-undang yang dulu, terkait jumlah perolehan suara maupun kursi partai di DPR.

    “Kalau dulu syarat untuk mengajukan calon, partai atau gabungan partai harus memiliki 15 persen kursi di DPR, kalau sekarang menjadi 20 persen. Dulu akumulasi suara sah itu 20 persen sekarang menjadi 25 persen,” katanya.

    Jadi, lanjut mantan Ketua KPU Muaro Jambi ini, berdasarkan ketetapan dari Perppu itu, partai maupun gabungan partai tidak bisa mencalonkan bakal calonnya jika memiliki akumulasi suara atau jumlah kursi di DPR di bawah jumlah yang telah dijelaskan sebelumnya. Sementara itu, untuk pencalonannya sendiri itu juga tanpa diwakili oleh wakil. “Pencalonan itu dilakukan satu orang tanpa wakil,” pungkasnya.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Perpu Pilkada : Parpol Bisa Calonkan Lebih dari Satu Kandidat
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Perpu Pilkada : Parpol Bisa Calonkan Lebih dari Satu Kandidat Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library