• Pilihan

    Pj Gubenur Jambi dari Kemendagri

    kursi
    KERINCINEWS.COM, JAMBI - Menteri Dalam Negeri (Kemendagi) akan menunjuk penanggung jawab (Pj) tugas Gubernur Jambi di 2015 mendatang. Penunjukkan ini bersamaan dilaksanakannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung dan serentak sesuai Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014. Ini terkait masih adanya masa kosong yang ditinggalkan pejabat lama hingga dilantiknya pejabat baru.

    Maklum pelaksanaan Pilkada serentak ini baru akan dilakukan pada September. Jadwal ini tidak sesuai dengan akhir jabatan Gubernur Jambi yang berakhir pada bulan Agustus. Hal inilah yang kemudian membuat Kementrian Dalam negeri akan menunjuk Penanggung Jawab (PJ) Gubernur.

    Dikatakan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementrian Dalam Negeri Djohermansyah pelaksanaan pemilu serentak akan dilaksanakan pada bulan September dan pelantikan akan dilaksanakan bulan Desember.

    "Jadi jika di Provinsi Jambi habis di bulan Agustus, maka akan ada Pj hingga ada penggantinya," ujar Djohermansyah melalui ponsel, Rabu (22/10).
    Dia mengatakan untuk PJ gubernur akan dijabat oleh Pegawai Kementrian Dalam Negeri. Hal ini sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

    "Belum ada penunjukan, Pilkadanya juga masih lama," ucapnya.
    Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Jambi Desy Ariyanto mengatakan KPU belum bisa berasumsi jadwal pelaksanaan pilkada. KPU masih menunggu keputusan dari KPU RI.

    "Bulan September itu mungkin masih asumsi, kita masih menunggu keputusan KPU RI," katanya.
    Sedangkan Desy mengatakan pelaksanaan pilgub sendiri bisa jadi akan dilaksanakan sebelum bulan September atau Agustus, karena tahapan mengacu dari KPU RI.

    "Kita juga belum bisa mengomentari soal waktu pelaksanaan, karena harus dibicarakan dengan KPU RI," ungkapnya.
    Selain itu dia mengatakan jika pelaksanaan pilkada serentak pemilihan gubernur dengan pilkada kabupaten maka akan ada penghematan anggaran.

    " Ada penghematan, utamanya di bidang hononarium petugas PPK atau PPS," katanya.
    Dia mengatakan penghematan ini juga tergantung pada kebutuhan masing-masing daerah.
    Namun demikian terkait pilkada serentak, Desy mengatakan KPU juga belum bisa menduga-duga pelaksanaan ini.

    " Kami masih menunggu petunjuk KPU RI," jelasnya.
    Namun yang jelas menurutnya kemungkinan pilkada yang akan dilaksanakan di tahun 2015 adalah pemilu gubernur.

    Terpisah, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) mengaku belum mendapat petunjuk teknis terkait rencana pelaksanaan Pilkada serentak di tahun 2015 ini.

    "Saya belum mendapat petunjuk teknisnya kan kita baru mendengar wacana yang ada di koran petunjuk resminya belum ada," kata HBA, Rabu (22/10) kemarin.

    Dikatakan HBA informasi Pilkada Jambi yang dilangsungkan pada September 2015 ini baru sebatas wacana, Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi habis masa jabatannya pada 3 Agustus 2015 mendatang. Sementara mengacu pada Perpu pemilukada dilangsungkan pada bulan September.

    "Menurut informasi kabarnya dilangsungkan bulan September, ya kalau September berarti saya harus menyerahkan jabatan 3 Agustus sebelum pemilukada. Itu ya nanti kita lihat," kata HBA.

    Informasi lain menurut HBA Pilkada bakal dilangsungkan serentak di Bulan Oktober, meskipun begitu menurutnya Pemerintah Provinsi belum memperoleh petunjuk teknisnya. "Ada juga bulan Oktober karena serentak di seluruh Indonesia, termasuk kabupaten kita melaksanakan awal 2016 akan ditarik ke 2015 itu semua tahap wacana di pusat resminya belum kita dapat kita tunggu petunjuknya," sebutnya.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Pj Gubenur Jambi dari Kemendagri
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pj Gubenur Jambi dari Kemendagri Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library