• Pilihan

    Rupanya Puluhan Warga Kerinci Tidak Punya E-KTP

    ektp
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Puluhan ribu warga Kabupaten Kerinci yang telah melakukan perekaman hingga kini belum mendapatkan Eelektronik KTP (e-KTP). Dari 113.162 warga yang telah melakukan perekaman, hanya 89.483 yang sudah menerima e-KTP.

    Angka tersebut diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kerinci. Jumlah warga Kabupaten Kerinci yang wajib memiliki KTP sebanyak 181.orang, dan baru 136.930 yang sudah melakukan perekaman.

    “Warga yang sudah mengantongi e-KTP sebanyak 113.162, sedangkan 23.679 orang sudah merekam tapi belum terbi,” ujar Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Kerinci, Hakiman.

    Hakiman mengatakan, ada beberapa penyebab warga yang sudah merekam tapi belum diterbitkan e-KTP nya, yakni kesalahan data, gambar tidak jelas dan pengiriman data tidak tersambung.

    “Bagi yang belum merekam silakan merekam di Kantor Camat masing-masing, alat perekamnya ada di setiap Kantor Camat. Pak Kades sampaikan ke warga desa masing-masing,” kata Kadis Dukcapil Kerinci, Hakiman

    Untuk ke depan, lanjutnya, KTP Elektronik tidak lagi di cetak di pusat, tapi sudah di cetak di Kabupaten Kerinci. Alat untuk pencetak KTP sudah ada, hanya saja saat ini pihaknya masih menunggu pengiriman blanko dari pusat.

    “Alat perekam dan pencetak sudah ada, hanya blanko yang belum tersedia. Kalau blanko sudah datang dari pusat, kita sudah bisa mencetak E-KTP sendiri,” terangnya.

    Bupati Kerinci, H Adirozal, dikonfirmasi wartawan mengaku sebelum ada Nomor Induk Kependudukan (NIK), seorang warga bisa memiliki KTP empat hingga enam. Akibat dari itu, pemerintah tidak tahu pasti berapa jumlah penduduk. Baik untuk satu desa, satu kecamatan maupun satu kabupaten.

    “Yang buat KTP ganda itu di indikasi ada niat tidak baik. Bisa saja untuk membuat perusahaan fiktif, bisa juga untuk menambah isteri baru,” seleneh Adirozal yang disambut gelak tawa peserta sosialisasi. Mantan Wakil Walikota Padang Panjang mengaku mendapat laporan banyak KTP yang belum terbit.

    Hal ini lanjut Adirozal, bisa saja disebabkan kesalahan tekhnologi, juga bisa dikarenakan lemahnya sumber daya manusia (SDM). “Kalau blanko KTP ada tetap lambat juga prosesnya, itu tugas saya menegur dan membinanya,” ujar Adirozal.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Rupanya Puluhan Warga Kerinci Tidak Punya E-KTP
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Rupanya Puluhan Warga Kerinci Tidak Punya E-KTP Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library