• Pilihan

    Sike Rabana Kerinci Akan Tampil di Konser Karawitan di Jakarta

    sike-kerinci
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Asosiasi Tradisi Lisan wilayah Jambi menyatakan seni tradisi asal Kerinci yakni Sike Rabana telah diundang untuk menjadi salah satu grup yang akan mengisi helatan Konser Karawitan Muda Indonesia 2014 di Jakarta pada Oktober 2014.

    ‘Dari Jambi alhamdulillah yang diundang untuk tampil pada gelaran Konser Karawitan Muda Indonesia ke-8 ini adalah grup Sike Rabana dari Desa Kemantan Kabupaten Kerinci,’ kata Sekretaris Jendral Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) wilayah Jambi Nukman di Jambi, Kamis.

    Undangan ini adalah wujud apresiasi dan pengakuan nasional terhadap khasanah seni karawitan asli dari Jambi tersebut.

    Konser Karawitan Muda Indonesia akan di gelar di Gedung Kesenian Jakarta pada 28-29 Oktober, diselenggarakan oleh Komite Nasional Indonesia untuk Unesco.

    Selain Sike Kerinci juga akan tampil delapan grup seni karawitan dari berbagai daerah di Tanah Air yang telah diundang panitia.

    ‘Sike Rabana yang merupakan hasil asimilasi perpaduan budaya antara budaya asli masyarakat Kerinci dari masa Proto Melayu yang sarat nilai purba dengan kebudayaan Islam yang penuh nilai spritualitas ketauhidan,’ kata Nukman.

    Saat ini, keberadaan seni Sike ini semakin tumbuh berkembang sangat pesat di Kerinci, dan sudah hampir semua desa sudah memiliki grup Sike ini, mengalahkan keberadaan kesenian khas Kerinci lainnya seperti tari Rangguk, tari Niti Mahligai, marcok, dan silat harimau Kerinci.(ant/rd)


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Sike Rabana Kerinci Akan Tampil di Konser Karawitan di Jakarta


    Buletinjambi.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sike Rabana Kerinci Akan Tampil di Konser Karawitan di Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library