• Pilihan

    Warga Keluhkan Galian C Ujung Pasir Beroperasi Lagi

    galianc
    KERINCINEWS.COMKERINCI - Baru seminggu Pemkab Kerinci menutup tambang galian C di daerah Ujung Pasir, Kecamatan Danau Kerinci. Namun, pada Senin (29/9), galian C itu beroperasi lagi.

    Hal tersebut menimbulkan protes keras dari masyarakat setempat. Asrizal, tokoh masyarakat Tanah Cogok yang juga anggota DPRD Kerinci mengatakan, setelah ditutup pemkab, galian C di Ujung Pasir mulai lagi beroperasi.

    Menurutnya, masyarakat Desa Ujung Pasir dan Koto Tuo Ujung Pasir keberatan terkait beroperasinya galian C tersebut. "Baru seminggu ditutup, Senin kemarin dibuka lagi," ujarnya, Selasa (30/9).

    Informasi yang diperolehnya dari Kades Ujung Pasir, Selasa (30/9) malam--kemarin--- masyarakat dua Desa Ujung Pasir akan rapat di rumah kaum empat jenis untuk membahas masalah beroperasinya kembali galian C ini.

    Menurutnya, galian C yang menggunakan alat berat di Ujung Pasir tersebut, sudah 15 tahun beroperasi, dan kedalamannya sudah 12 meter. "Harus ditutup, walaupun diurus izinnya oleh pengusaha, masyarakat tetap menolak," ia mengatakan.

    Sebelumnya, Bupati Kerinci, H Adirozal dikonfirmasi wartawan Kamis (25/9) lalu mengatakan, galian C di Danau Kerinci dampaknya sangat berbahaya.

    "Dampak galian C di Danau Kerinci sungguh sangat besar. Tidak hanya merusak lingkungan, namun juga aset milik masyarakat," katanya kala itu.

    Khawatir terjadi dampak yang semakin besar, Adirozal mengatakan, sejak satu minggu lalu lokasi-lokasi galian C tersebut sudah ditutup. "Sekarang sudah ditutup. Kita tidak mau terjadi kerusakan yang lebih besar lagi," ujarnya.

    Ditanya bagaimana penindakan lokasi galian C ilegal lain? Adirozal mengaku dalam menindak harus benar-benar disimak dulu, kegiatan galian C tersebut. "Jangan sampai, masyarakat yang ambil batu dan pasir di sungai juga dipungut pajak atau ditutup," katanya.

    Bagi pemilik galian C yang sudah melakukan penambangan, apalagi yang menggunakan alat berat, pasti ditindak tegas. "Kita tidak mau menindak setengah-setengah. Kalau mau ditindak, maka akan ditindak semua," ujarnya.

    Pandangan masyarakat, kata bupati, harus segera diubah. Jangan hanya memikirkan kesenangan sesaat, dan kepentingan pribadi, malah menimbulkan dampak besar bagi lingkungan hidup. "Lokasi galian C di Lubuk Nagodang yang tidak memenuhi syarat, juga segera ditutup," pungkasnya.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : Warga Keluhkan Galian C Ujung Pasir Beroperasi Lagi
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Warga Keluhkan Galian C Ujung Pasir Beroperasi Lagi Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library