• Pilihan

    Warga Perbatasan Jambi-Riau Nyaris Bentrok

    bentrok
    KERINCINEWS.COM, MUARA TEBO - Nyaris terjadi bentrok antar kelompok warga di Kabupaten Tebo. Melibatkan dua desa bertetangga namun beda provinsi.

    Peristiwa nyaris rusuh ini terjadi pada Jumat (17/10) kemarin. Rusuh nyaris pecah jelang tengah malam. Yakni sekitar pukul 23.00.

    Dua kelompok yang nyaris bentrok adalah warga dari Dusun Sentanu Desa Balairajo Kecamatan VII Koto Ilir. Lawannya adalah kelompok Hamidi. Warga Desa Alim Kecamatan Batang Cenaku, Indragiri Hulu, Riau.

    Kabar yang diterima Tribun, perselisihan terjadi di kilometer 32 Desa Balairajo. Penyebabnya disinyalir karena warga Desa Balairajo terpancing oleh ulah Hamidi dan rekan-rekannya.

    Hamidi dan rekannya, memblokir jalan pembuatan box jalan. Hamidi mengklaim tempat itu adalah wilayah Provinsi Riau. Padahal tempat itu cukup jauh dari patok batas dan merupakan wilayah Provinsi Jambi.

    "Hampir tengah malam, masyarakat Dusun Sentanu yang marah melakukan pengrusakan bangunan PAUD. Masyarakat tidak terima perlakuan Hamidi dengan sewenang-wenang membangun di wilayah Tebo," ujar Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Ridwan Hutagaol, Sabtu (18/10).

    Namun pihak kepolisian cepat bergerak melakukan pencegahan. Polisi bersama puluhan personil brimob diterjunkan ke lokasi terjadinya perselisihan tersebut.

    Bahkan Kapolda Jambi mengirim Karoops Polda ke lokasi. Kapolres Tebo AKBP Indra Rathana juga datang ke lokasi bersama hampir seluruh petinggi polres. Sementara Pemkab Tebo mengutus Asisten I dan II serta Camat VII Koto.

    Sabtu siang kesepakatan damai pun berhasil dirumuskan. Diteken di patok batas Jambi-Riau. "Sementara selesai. Nanti akan dibahas antara Jambi dan Riau di tingkat atas," ujar Ridwan lagi.

    Dikatakan Ridwan, poin pertama kesepakatan adalah jaminan dari kedua kepala desa. Baik Kades Balai Rajo maupun Kades Alim, menjamin warganya tak akan melakukan tindakan anarkis dan melawan hukum.

    Pemkab Tebo dan Indragiri Hulu juga akan duduk bersama. Yakni melakukan kordinasi untuk penyelesaian permasalahan yang terjadi di kilometer 32 Desa Balai Rajo.

    Poin terakhir, kedua desa akan lakukan pertemuan lanjutan di kilometer 22. Yakni untuk membahas berbagai hal terkait warga dan batas wilayah.

    "Anggota Polres Tebo dan brimoh masih standby di lokasi. Sampai situasi benar-benar aman," tutupnya.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Warga Perbatasan Jambi-Riau Nyaris Bentrok
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Warga Perbatasan Jambi-Riau Nyaris Bentrok Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library