• Pilihan

    Ikan Semah Khas Kerinci, Kian Punah

    ikan_semah
    KERINCINEWS.COM, KERINCI -  Beberapa jenis ikan khas Kerinci kini mulai sulit ditemukan, seperti ikan semah yang harganya menyamai harga daging sapi, ikan medik, ikan sekak, dan beberapa jenis ikan lainnya.

    Roni salah seorang nelayan di Desa Pulau tengah Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci membenarkan, berbagai jenis ikan khas Kerinci sudah semakin langka. Bahkan kata dia, kondisi ini telah dirasakan masyarakat Kerinci sejak lima tahun terakhir, seperti  ada juga ikan asli Kerinci yang hampir punah, seperti ikan semah. Minggu (23-11-2014).

    “Dulu berbagai macam jenis ikan asli Kerinci banyak kita temukan di perairan Danau Kerinci, untuk mendapatkan uang sangat mudah. Namun sekarang kondisinya sangat berbeda, ikan Kerinci semakin langka,” ujarnya.

    Hal yang sama juga dilontarkan Bujang, salah seorang pencari ikan dengan cara memancing di daerah Sungai Batang Merangin Kecamatan Batang Merangin. Menurut dia, lima tahun sebelumnya saat memancing sering mendapatkan ikan semah, yang merupakan ikan khas Kerinci dan memiliki rasa yang luar biasa.

    “ Bahkan saya pernah dapat yang beratnya sampai 15 kg, dan saya jual kepada pembeli dengan harga 100 ribu rupiah perkilo gram ”, Tambahnya sambil mengingat masa 5 tahun lalu.  

    Disinggung mengenai hal itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh Ir. Ediyanto kepada Kerincinews.com saat ditemui dirumahnya mengatakan, pelestarian ikan semah memang perlu dilakukan apalagi ikan semah tak ada duanya di daerah lain. Namun untuk melakukan hal itu, pihaknya masih kesulitan karena berbagai kendala yang dihadapi diantaranya penempatan habitat ikan semah memerlukan air yang mengalir dan deras. Minggu (23-11-2014).  

    “ Untuk melakukan pengembang biakan dan menghasilkan benih ikan semah tentu harus ada unit pembenihan khusus, Kota Sungai Penuh lebih memperioritaskan meningkatkan produksi ikan untuk konsumsi “, Ungkap Ediyanto.

    Budidaya ikan semah akan menjadi aset daerah tergantung bagaimana cara berfikir masyarakat untuk menumbuhkan perekonomian rakyat. Jika kendala yang dihadapi adalah habitat ikan semah yang memerlukan air yang mengalir deras, bisa diatasi dengan meletakan kincir pada kolam yang akan dijadikan budidaya ikan semah.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Ikan Semah Khas Kerinci, Kian Punah
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ikan Semah Khas Kerinci, Kian Punah Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library