• Pilihan

    Januari 2015, Tarif PDAM di Kerinci Naik

    kran-air
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - PDAM Tirta Sakti Kerinci berencana menaikkan tarif air bersih Januari 2015 mendatang. Tarif dinaikkan sekitar Rp 700 per kubik.

    Sasli Rais Direktur Utama PDAM Tirta Sakti mengatakan, saat ini PDAM hanya dapat memproduksi 426 liter per detik air bersih. Idealnya kapasitas tersebut untuk melayani 32 ribu pelanggan, namun saat ini pelanggan yang dilayani sebanyak 40 ribu pelanggan. "Kita masih kekurangan kapasitas sebesar 215 liter per detik," ujarnya. Untuk itu awal tahun 2015 mendatang pihaknya akan menyesuaikan tarif PDAM dari Rp 1800 per kubik menjadi Rp 2500 per kubik atau naik Rp 700 per kubik.

    Disebutkannya, selama ini tarif air bersih sebesar Rp 1800 per kubik, sedangkan harga pokok lebih dari Rp 2500 per kubik. Selain itu sejak tahun 2009 belum pernah dilakukan penyesuaian tarif. "

    Selain untuk menutupi biaya operasional, pemiliharaan dan investasi, penyesuaian tarif. "Jika tarif sudah sesuai, maka kita bisa meningkatkan kapasitas produksi untuk menyesuaikan dengan jumlah pelanggan yang kita layani," ucapnya.

    Karena harga pokok lebih besar dari harga jual air bersih tahun 2014 PDAM Tirta Sakti masih merugi sebesar Rp 894 juta. Jika disesuaikan tarif, PDAM diprediksi akan untung Rp 500 juta sampai Rp 1 Miliar tahun 2015. "Tahun 2016 bisa untung Rp 1,5 miliar," sebutnya.

    Jika sudah memiliki keuntungan, PDAM Tirta Sakti sudah bisa memberikan kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Selama ini pendapatan hanya bisa untuk beroperasi, belum dapat memberikan kontribusi untuk PAD," ujarnya.

    Penyesuaian tarif ini kata Sasli juga merupakan saran BPK dan BPKP setelah melakukan audit terhadap PDAM Tirta Sakti. "BPK dan BPKP merekomendasikan agar menyesuaikan tarif," pungkasnya.




    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Januari 2015, Tarif PDAM di Kerinci Naik
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Januari 2015, Tarif PDAM di Kerinci Naik Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library