• Pilihan

    Kronologi Adu Tembak TNI-Polri di Batam Menurut Kapuspen TNI

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Fuad Basya menyebut adu pandang antara empat personel TNI Yonif 134 Tuah Sakti dan dua personel Brimob Polda Kepulauan Riau pada Rabu (19/11/2014) pagi merupakan penyebab keributan yang berujung adu tembak di antara kedua kesatuan.

    "Ada empat personel TNI lagi ngopi di warung dekat Mako Brimob. Kemudian, ada dua (anggota) Brimob lewat, masuk ke dalam Mako. Mereka saling lirik. Dari situlah asal muasalnya," ujar Fuad saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu malam. Dia menyebut kedua pihak sempat adu jotos sebelum personel Brimob masuk ke dalam Mako.

    Pada Rabu siang, sejumlah pemuda tegap, berpakaian bebas, dan berambut cepak datang ke Mako Brimob dan melakukan perusakan barak. Kaca barak dipecah menggunakan kayu dan benda keras lainnya.

    Menurut Fuad, sesudah insiden perusakan itu, Komandan Resor Militer dan Komandan Distrik Militer Batam sudah mendatangi Mako Brimob Polda Kepulauan Riau untuk memerintahkan para prajurit TNI kembali ke barak.

    "Dari Kapolres dan Kasat Reskrim setempat di sana berkoordinasi dengan Danrem dan Dandim. Sudah didamaikan," lanjut Fuad. Namun, kata dia, pada Rabu sore, tiba-tiba ada suara tembakan dari arah Mako Brimob.

    Menurut Fuad, tembakan itu adalah aksi provokatif dari oknum Brimob yang menyulut amarah personel TNI. Aksi saling balas lepas tembakan pun terjadi. Jarak antara kedua markas kesatuan itu, sebut dia, tak lebih dari 500 meter.

    "Tembakan mereka itu tidak menyasar orang, tetapi sama-sama diarahkan ke udara," ujar Fuad. Dia menambahkan, Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan sejumlah stafnya telah berada di lokasi kejadian, demikian pula Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Gatot Nurmantyo.

    Para petinggi TNI itu bertolak ke Batam, tutur Fuad, adalah untuk menenangkan anggota TNI sekaligus mencegah insiden serupa tak terjadi lagi pada kemudian hari. "Malulah kami, pemerintahan baru, malah kami saling berantem. Untungnya sekarang sudah berangsur-angsur kondusif," ujar dia.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Kronologi Adu Tembak TNI-Polri di Batam Menurut Kapuspen TNI
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kronologi Adu Tembak TNI-Polri di Batam Menurut Kapuspen TNI Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library