• Pilihan

    Pustara Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Selesaikan Konflik di Kerinci


    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Pusat Studi Nusantara (Pustara) meminta segera pemerintah pusat memfasilitasi pemangku kepentingan atas kerusuhan warga di Kerinci, Jambi. Pasalnya, bentrokan antar warga makin hari makin memanas dan tak ada solusi.

    “Pemerintah berperan penting untuk mempertemukan para pemangku kepentingan untuk mencari solusi atas kerusuhan warga tersebut,” ujar peneliti sosial kemasyarakatan Pustara, Wiend Sakti Myharto dalam keterangan di Jakarta, Selasa (11/11/14).

    Menurutnya, bentrok warga antara pemuda desa Tanjung Pauh dan desa Kumun bukan yang pertama terjadi di Kerinci. Tercatat beberapa permasalahan individu kemudian merambat menjadi perkelahian antar kampung, sampai pada terjadinya pembakaran rumah.

    Lebih lanjut dikatakan Wiend, masyarakat Kerinci sangat menjunjung adat dan budaya serta berpegang teguh pada aturan yang hidup dalam daerahnya yang mengakar menjadi adat.

    “Keberadaan orang adat yang dituakan (Ninik Mamak) punya peranan penting untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi antar warga tersebut,” jelasnya.

    Wiend yang juga warga Jambi menegaskan bahwa hukum pada intinya menginginkan keadilan dan norma yang baik berlaku bagi masyarakat. Sebagai bentuk kepastian hukum, kata Wiend, para pemangku kepentingan harus gencar bersosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai upaya resolusi kerusuhan, sehingga sekecil apapun masalah, bisa diredam jauh hari sebelum terjadi masalah yang besar dan berlanjut.

    “Melihat lokasi kerusuhan, maka Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh harus bersinergi untuk menuntaskan permasalahan ini, mengingat kejadian ini terjadi di daerah perbatasan kabupaten dan kota,” tukas dia

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Pustara Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Selesaikan Konflik di Kerinci
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pustara Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Selesaikan Konflik di Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library