• Pilihan

    Wabup Kerinci : Jika Jalan Merusak TNKS, Kita Ajukan Rel Kereta Api

    zainal
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Pemerintah kabupaten Kerinci sangat gigih dalam memperjuangkan jalur transportasi yang membedah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

    Pasalnya, harapan untuk membuka jalur transportasi jalan darat dari Desa Sungai Kuning ke Desa Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo tidak kunjung disetujui TNKS. Kini, upaya untuk membuka akses transportasi diupayakan melalui rel kereta api.

    Apalagi proposal pembangunan rel kereta api sebagai jalan evakuasi bencana telah disampaikan ke Bappenas RI. Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin mengatakan, Pemkab Kerinci berinisiatif membangun rel kereta api dari Kerinci ke Bungo dan Teluk Bayur.

    Alasannya, pembangunan rel kereta api sebagai antisipasi dan meminimalisir korban bencana dalam mengangkut masyarakat Kerinci.

    “Jika jalan yang kita bangun otomatis akan merusak TNKS, tapi, kereta api kawasan sekitar rel bakal aman,” ujar Zainal Abidin.

    Lagian, lanjutnya, bisa dimanfaatkan warga sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang pertanian untuk dijual keluar daerah.

    Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Jambi M. Zubaidir mengaku mendukung penuh usaha dari Pemkab Kerinci dalam membangun rel kereta api dan menjadikan transportasi kereta api sebagai alat evakuasi di dalam Kabupaten Kerinci ke depannya nanti.

    Dalam mendukung usaha tersebut pihaknya akan mengoordinasikan pengajuan proposal tersebut kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar bisa mengoordinasikan dan membantu merealisasi masalah ini. "Kita akan sampaikan kepada BNPB RI, agar bisa berkoordinasi dengan Kementerian PU untuk merealisasi usulan tersebut,"jelasnya.

    Peltu Kepala BPBD Kerinci Evi Rasmianto membenarkan akan adanya pengajuan proposal pembangunan rel kereta api di Kerinci, sejauh ini pihaknya selalu mendukung usaha tersebut bahkan pihaknya akan ikut memperjuangkan pembangun rel kereta api tersebut.

    "Kalau terwujud, kemungkinan besar Kerinci akan mengalami perkembangan ke arah yang baik," sebutnya.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Wabup Kerinci : Jika Jalan Merusak TNKS, Kita Ajukan Rel Kereta Api
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Wabup Kerinci : Jika Jalan Merusak TNKS, Kita Ajukan Rel Kereta Api Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library