• Pilihan

    Walikota Silaturahmi dengan Pemuda Kumun

    KERINCINEWS.COM, SUNGAIPENUH – Walikota Sungai Penuh H. Asafri Jaya Bakri, dan unsur Forkompimda Minggu (23/11) kemarin mengadakan silaturahmi dengan perwakilan tokoh pemuda 10 Desa Kumun Debai bertempat di Rumah Makan Minang Soto, Sungai Penuh.

     Pertemuan ini dimaksudkan untuk mempertahankan situasi kondusif ditengah masyarakat Kumun dan Tanjung Pauh paska bentrok beberapa waktu lalu.

    Dalam pertemuan yang dihadiri Kapolres Kerinci dan Dandim 0417 Kerinci serta sejumlah tokoh masyarakat Kumun Debai, Walikota memberikan ruang bagi para pemuda Kumun untuk menyampaikan masukan, aspirasi maupun unek-unek terkait penyelesaian konflik dua Desa bertetangga tersebut.

    “Kita ingin mengakhiri semuanya, para pemuda silahkan menyampaikan aspirasi, masukan ataupun hal-hal yang masih mengganjal terkait penyelesaian konflik antara Kumun dan Tanjung Pauh,” ujar Walikota mengawali pertemuan.

    Pada pertemuan tersebut, setiap Desa dari 10 Desa Kumun Debai diwakili dua orang perwakilan tokoh pemuda. Salah seorang perwakilan pemuda Kumun, Iin, menyampaikan harapan agar aparat penegak hukum bisa mempercepat proses  penegakan hukum kasus pengeroyokan dan pembunuhan terhadap warga Kumun. “Kita juga berharap ada keterbukaan dalam proses hukum agar diketahui secara luas oleh masyarakat,” sebutnya.

    Selain itu, dia juga berharap agar ada itikad baik dari pihak Tanjung Pauh untuk menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Kumun. “Kita juga berharap agar segala bentuk provokasi di media sosial bisa diredam agar tidak memancing suasana tidak baik,” sebutnya.

    Kapolres Kerinci,  AKBP Sri Nugroho SIK, menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah mengamankan 3 pelaku pengeroyokan dari total 7 orang pelaku. “Empat orang pelaku lainnya sudah kita masukkan Daftar Pencarian Orang (DPO). Kami akan semaksimal mungkin menyelesaikan perkara ini,” tegas Kapolres.

    Sementara itu, tokoh masyarakat Kumun Debai, Feri Siswadhi, mengharapkan agar pemerintah daerah dapat memfasilitasi pertemuan tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemuda Kumun Debai dan Tanjung Pauh sebagai upaya penyelesaian konflik.

    “Tolong fasilitasi pertemuan tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemuda kedua belah pihak agar bisa duduk bersama, berbicara dari hati ke hati,” katanya.

    Hal senada juga diungkapkan tokoh masyarakat Kumun Debai lainnya, Basyarin. “Masalah ini sudah sampai di penghujung. Kita tinggal duduk bersama untuk menyatukan visi dan persepsi, agar perdamaian ini tidak hanya saat ini saja tapi juga untuk seterusnya,” jelasnya.

    Dalam pertemuan tersebut akhirnya disimpulkan bahwa pemerintah daerah akan memfasilitasi pertemuan tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemuda Kumun Debai dan Tanjung Pauh dihadiri oleh unsur forkompimda dan pemerintah daerah yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Walikota Silaturahmi dengan Pemuda Kumun

    sumber : jambiupdate.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Walikota Silaturahmi dengan Pemuda Kumun Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library