• Pilihan

    2016, Orang Indonesia Habiskan Rp 295 Triliun untuk Belanja Online

    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Dari penelitian yang diprakarsai oleh Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres), nilai pasar e-commerce di Indonesia dari yang tadinya cuma sekitar Rp 94,5 triliun pada 2013 bisa melonjak tiga kali lipat mencapai Rp 295 triliun pada 2016.

    "Transaksi belanja online atau e-commerce di Indonesia terus meningkat pesat dari tahun ke tahun. Hal itu bisa dilihat dari data yang dirilis oleh banyak lembaga survei," kata praktisi sekaligus pengamat media digital, Nukman Luthfie, kepada detikINET di Jakarta, Rabu (22/10/2014).

    Transaksi yang tinggi akhirnya membuat situs jual beli online juga ikut berkembang pesat. Ada banyak pemain dalam industri e-commerce di Indonesia yang dapat dikategorikan menurut bisnis mereka, seperti forum online dan situs iklan baris (classifieds), situs bisnis untuk konsumen (B2C), marketplace konsumen untuk konsumen (C2C), dan sebagainya.

    Menurut laporan e-commerce dari Nielsen yang dirilis pada September 2014, konsumen Indonesia mulai menyukai belanja online untuk membeli barang dan jasa. Konsumen digital di Indonesia menikmati berbelanja dengan online sejalan dengan pertumbuhan kepemilikan perangkat mobile yang semakin mudah terhubung ke internet.

    Sementara dari data terakhir comScore untuk analisis media digital yang dirilis akhir September 2014, menyebutkan bahwa situs belanja online yang paling banyak dikunjungi saat ini adalah Berniaga.com yang kemudian diikuti oleh situs olx.co.id di posisi kedua. Baru kemudian di belakangnya lagi ada Lazada.co.id dan Zalora.com.

    "Juli 2014, comScore mengkofirmasi bahwa situs Berniaga.com mendapat total unique visitors lebih banyak dari situs iklan baris lainnya di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan situs ritel seperti Lazada atau Zalora, situs-situs iklan baris Berniaga.com dan olx.co.id masih mendapat lebih banyak pengunjung unik," kata Nukman.

    Mengutip data comScore, ia juga menyebutkan bahwa terdapat 4.469.000 unique visitors yang mengunjungi situs Berniaga.com pada bulan Juli 2014 yang mencapai 20,5% dari keseluruhan pengunjung e-commerce 21.769.000 visitors. Sementara yang mengunjungi olx.co.id ada 4.002.000 unique visitors (18,4%), Lazada.co.id mencapai 2.722.000 unique visitors (12,5%) dan yang mengunjungi Zalora.co.id mencapai 1.231.000 unique visitors (5,7%).


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :2016, Orang Indonesia Habiskan Rp 295 Triliun untuk Belanja Online
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 2016, Orang Indonesia Habiskan Rp 295 Triliun untuk Belanja Online Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library