• Pilihan

    Alasan Penonton Membeludak Lihat Film Senyap

    senyap
    KERINCINEWS.COM, BANDUNG - Film Senyap diputar di auditorium pusat kebudayaan Perancis (IFI) Bandung, Rabu malam, 10 Desember 2014, sampai dua kali karena penonton membeludak. Pemutaran pertama menjelang petang disesaki 200 orang lebih. Sekitar 50 orang yang datang telat rela menunggu hampir dua jam.

    Seorang penonton Pius Widiyatmoko mengatakan, film Senyap menarik karena ada permintaan maaf dari keluarga pelaku ke keluarga korban. Ia menduga, sutradara Joshua Oppenheimer, ingin menata sebuah upaya rekonsiliasi.

    "Film ini perlu dipakai pemerintah untuk rekonsiliasi. Ada pengakuan pelaku, permintaan maaf, dan ada keinginan untuk berdamai dengan masa lalu," ujarnya.

    Pemutaran film yang disutradarai Joshua Oppenheimer itu merupakan perhelatan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung dan IFI dalam memperingati hari Hak Asasi Manusia, Rabu, 10 Desember 2014. Tak hanya menayangkan film berdurasi sekitar 100 menit, seni pertunjukan artis Bandung seperti Wanggi dan Rudi Abdala pun mewarnai acara. Tontonan gratis itu dilengkapi diskusi bersama arkeolog Lisya van Soren dan Dani Kutilista, pembuat film dokumenter.

    Lisya sebagian menceritakan kondisi diri dan upayanya mencari kebenaran cerita tentang ayahnya yang menjadi korban peristiwa berdarah G30S di daerah Wirogunan, Yogyakarta. "Saat itu di rumah saat malam, orang tua seperti menunggu ketidakberdayaan. Kami anak-anaknya dititipkan ke rumah nenek," ujarnya.

    Setelah dewasa, ia mendapatkan keluarga korban serupa yang menolak peristiwa itu dilupakan dari ingatan sejarah.

    Selain di IFI, pemutaran film serupa di Bandung juga dihelat mahasiswa di sejumlah kampus swasta sebagai acara peringatan hari Hak Asasi Manusia


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Alasan Penonton Membeludak Lihat Film Senyap
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Alasan Penonton Membeludak Lihat Film Senyap Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library