• Pilihan

    Bupati Kerinci Imbau TKI Lewat Jalur Resmi

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Bupati Kerinci, H Adirozal, saat diminta tanggapannya, mengakui masih banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kerinci, yang berangkat ke Malaysia melalui jalur ilegal.

    "Benar, masih banyak TKI kita yang bekerja di Malaysia berangkat dengan cara ilegal. Di antaranya adalah Riko dan Iwel, yang sempat terancam hukuman gantung di Malaysia," ungkap Bupati Kerinci.

    Menyadari besarnya risiko bekerja di luar negeri tanpa memiliki dokumen resmi, bupati mengimbau kepada para TKI, untuk berangkat lewat jalur resmi. "TKI resmi, mendapatkan perlindungan secara hukum dari pemerintah," katanya.

    Selain itu, Pemkab Kerinci bersama dengan Pemprov Jambi, terus mengupayakan dibukanya kantor imigrasi di Kabupaten Kerinci, sehingga bisa memudahkan calon TKI untuk membuat paspor.

    "Kalau harus ke Jambi biayanya mahal. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, kantor imigrasi di Kabupaten Kerinci sudah bisa beroperasi, sehingga tidak harus mengeluarkan biaya transportasi yang besar untuk ke Jambi," tambahnya.

    Adirozal mengaku tidak ingin mendapatkan kabar ada TKI asal Kerinci yang bermasalah dengan hukum di negara orang, apalagi sampai dijatuhi hukuman berat. "Pemerintah siap membantu. Untuk informasi TKI resmi, bisa ditanya ke Sosnakertrans," bebernya.

    Di samping bekerja secara ilegal, tambah bupati, TKI asal Kerinci yang bekerja di Malaysia tidak memiliki keterampilan yang memadai, sehingga pekerjaan yang mereka dapatkan di negeri jiran hanya buruh kasar, atau petugas kebersihan.

    Bupati Kerinci mengatakan, sudah mengajukan proposal ke Kementerian Tenaga Kerja, untuk meningkatkan status BLK di Kerinci menjadi BLK internasional. Ini nantinya akan dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan TKI, sebelum diberangkatkan bekerja keluar negeri. "Minimal kita upayakan minimal tipe B," harap bupati.

    Data yang didapat Bupati Kerinci, TKI Kerinci tidak hanya ada di Malaysia saja, namun ada juga di negara-negara lainnya. "Di Hongkong ada 300 TKI Kerinci, di Jepang ada 150, belum lagi di negara-negara lainnya," pungkasnya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Bupati Kerinci Imbau TKI Lewat Jalur Resmi



    sumber;kerincizone.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bupati Kerinci Imbau TKI Lewat Jalur Resmi Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library