• Pilihan

    Jalan Sungaipenuh-Tapan Dinilai Cacat Mutu

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Perbaikan jalan Sungaipenuh-Tapan (batas Sumbar), melalui paket proyek Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) provinsi tahun 2014 dinilai asal jadi atau cacat mutu.

    Hal ini diketahui berdasarkan hasil investigasi beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh terhadap proyek yang dikerjakan oleh PT. Putri Prabu Jakso.

    Menurut informasi, beberapa temuan dalam pengerjaan proyek senilai Rp 14,7 miliar lebih ini antara lain ketebalan aspal tidak sesuai standar, yakni hanya setebal lebih kurang 3 cm. Kemudian pihak rekanan diduga tidak melakukan pacing terlebih dahulu sebelum diaspal.

    Ketua Tim Investigasi LSM Gema Gugatan Rakyat, Pandriadi, membenarkan hal tersebut. "Iya, rekanannya PT. Putri Prabu Jakso, milik H Andi Putra Wijaya. Proyeknya tidak dilakukan pacing, diduga aspal langsung dihamparkan," bebernya.

    Selain temuan itu, kata dia, pengerjaan proyek dengan volume sepanjang 8 km ini juga tidak disertai dengan pembuatan bahu jalan. Akibatnya, banyak kendaraan yang melintas di jalan Sungaipenuh-Tapan terpeleset di sisi jalan.

    "Seharusnya bahu jalan ditimbun, tapi kenyataannya tidak. Jadi kalau ada kendaraan yang lewat terlalu ke pinggir bisa terjatuh karena terpeleset," cetusnya.

    "Bahkan saat kami sedang melakukan investigasi di lokasi, ada satu dua kendaraan yang terpeleset akibat tidak adanya bahu jalan tersebut. Ini kan keterlaluan namanya, sudah tidak sesuai spek, malah mengancam keselamatan pengendara," sambung Pandriadi.

    "Kemudian, proyek ini informasinya sudah 100 persen, namun masih banyak titik ruas jalan yang rusak, ada beberapa titik jalan yang masih bagus tapi di aspal, sementara yang benar-benar rusak dibiarkan," tuturnya lagi.

    Ia menegaskan, selaku lembaga sosial kontrol, pihaknya merasa bertanggung jawab untuk mengawasi dan melaporkan temuan ini ke aparat hukum.

    "Ini namanya cacat mutu, negara dan rakyat dirugikan, dalam waktu dekat kita akan laporkan ke pihak berwenang," tegasnya.

    Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan belum ada klarifikasi atas temuan ini dari pihak rekanan dan Dinas PU Provinsi Jambi.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Jalan Sungaipenuh-Tapan Dinilai Cacat Mutu
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jalan Sungaipenuh-Tapan Dinilai Cacat Mutu Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library