• Pilihan

    Kelamaan Pikir Bangun PLTN, RI Keburu Gelap Gulita

    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan polling nasional yang dilakukan Batan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), sebanyak 72% rakyat Indonesia mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membangun 1 unit PLTN?

    "Bangun satu unit PLTN ini butuh waktu yang cukup lama, paling cepat 8 tahun, kalau pembangkit lain paling 2-3 tahun paling lama 5 tahun," ujar Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto di kantornya, Kuningan Barat, Jaksel, Selasa (16/12/2014).

    Djarot mengatakan, tentunya Indonesia harus mulai membangun PLTN mulai dari sekarang, karena 8 tahun ke depan rakyat Indonesia memerlukan banyak listrik.

    "Kalau dibangun sekarang atau 2015, baru pada 2022 kita punya PLTN. Pada saat itu kebutuhan listrik kita meningkat tinggi daripada sekarang," ucapnya.

    Djarot menilai, PLTN bukanlah pilihan terakhir, sehingga ketika semua energi sudah dimanfaatkan seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, dan energi baru terbarukan dimanfaatkan semuanya dan sudah habis baru PLTN dibangun.

    "Kalau itu baru dilakukan, kita keburu gelap gulita. Bangun PLTN juga tidak sebentar, mau kita gelap dulu 8 tahun nunggu PLTN terbangun? Jadi harus dari sekarang," tegasnya.

    Ia mengakui, PLTN sering menjadi kebijakan yang politis, karena bagi suatu rezim pemerintahan, karena butuh waktu lama bangun PLTN sehingga rezim pemerintahannya tidak akan menikmatinya.

    "Ini terus terang saja, kalau suatu rezim pemerintahan selalu identik berfikir seperti itu, nanti yang gunakan atau yang resmikan bukan pemerintahannya, ini harus diubah, ini untuk kepentingan nasional, makanya dibutuhkan leadership yang memikirkan kepentingan nasional daripada kepentingan rezimnya," tutup Djarot


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Kelamaan Pikir Bangun PLTN, RI Keburu Gelap Gulita
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kelamaan Pikir Bangun PLTN, RI Keburu Gelap Gulita Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library