• Pilihan

    Kerinci Demam Batu Akik, Perburuan dari Sungai sampai Bukit Batu

    batu
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Beberapa waktu belakangan ini warga Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh tengah dilanda demam batu akik. Tidak hanya kalangan masyarakat kelas bawah, sejumlah pejabat pun tampak mengenakan batu akik di jarinya. Bahkan yang membuat kita geleng-geleng kepala, demam batu akik juga menular kepada anak-anak.

    Berbeda dengan batu mulia yang diberi cincin atau emban berpa emas maupun emas putih, pemakai batu akik mengenakan cincin yang terbuat dari perak. Bahkan ada pula cincin yang dibuat dari logam lainnya seperti kwarsa dan monel.

    Tidak mengherankan, apabila di sela pembicaraan , selalu terselip cerita tentang dunia batu akik. Tidak hanya jenis batu yang menjadi topik pembicaraan, akan tetapi juga asal muasal batu tersebut diperoleh. Bahkan, tidak sedikit yang beranggapan bahwa batu akik itu memiliki aura tertentu.


    Fenomena batu akik yang terjadi di Kerinci dan Sungaipenuh, dimana hampir setiap tempat dan waktu, topik pembicaraan tidak lepas dari batu akik.

    Menurut Yogi warga Air Hangat Timur, demam batu akik di Kerinci dan Sungaipenuh sejak mantan Presiden SBY tampil memakai cincin Sungai Deras.

    "Demam batu akik itu mulai ramai sejak Presiden SBY tampil di acara kenegaraan memakai cincin batu akik, bahkan yang pernah saya dengar beliau pernah memberi batu kepada Obama Presiden AS jenis bacan, benar atau tidak saya juga kurang tau, tapi itu yang pernah saya dengar," katanya kemarin, Selasa, (23/11).

    Dia mengatakan ada bermacam jenis, ada batu bacan, kalimaya, giok, ruby, namun beberapa yang terkenal asli kerinci dan Sungaipenuh adalah jenis Lumud, Limau Manis, dan Kecubung.

    Menurutnya batu akik itu memiliki karakterisitik tersentu, beda dengan batu mulia. Untuk menilai harga juga tidak ada patokan khusus, sebab apabila sudah senang, maka berapa pun harganya bakal dibeli jelasnya.

    Saat ini, hampir disetiap tempat pengolahan batu akik di Kerinci dan Sungaipenuh selalu penuh oleh para warga penggemar batu akik.

    Salah seorang penggemar batu akik, Zendi mengaku sejak lama mengyukai batu akik. Beberapa batu akik telah dimilikinya. ada yang diberi orang, akan tetapi kadang juga memberikan batu akik kepada orang lain. Namun menurutnya, kepuasan menemukan batu akik sendiri akan berbeda bila di beli, katanya.

    Menurutnya perburuan batu akik di kerinci dan Sungaipenuh sekarang ini, dilakukan dengan menelusuri sungai-sungai sampai pada bukit-bukit batu yang dianggap menyimpan batu akik


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Kerinci Demam Batu Akik, Perburuan dari Sungai sampai Bukit Batu



    sumber ;kerincizone.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kerinci Demam Batu Akik, Perburuan dari Sungai sampai Bukit Batu Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library