• Pilihan

    Kontribusi TNKS Kerinci Dipertanyakan

    tnks
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Lebih 50 Persen dari wilayah Kerinci, adalah Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) hutan Sebagian besar hutan di Kabupaten Kerinci, adalah hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

    Sayangnya, TNKS belum bisa memberikan kompensasi atau kontribusi bagi masyarakat Kerinci. Selain itu,  sarana dan prasarana untuk menjaganya juga sangat minim.

    Hal ini diungkapkan, Bupati Kerinci Adirozal, kepada sejumlah wartawan, pada acara  gerakan penanaman 1 milyar pohon, di Desa Ujung Pasir, Kecamatan keliling Danau, Kabupaten Kerinci, kemarin.

    Dikatakan Bupati Kerinci, Kabupaten Kerinci yang memiliki hutan TNKS cukup luas ini, setidak harus ada semacam kompensasi terhadap masyarakat. Sehingga, bisa  meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dirinya juga menginginkan adanya konpensasi langsung yang diberikan kepada masyarakat.

    "Itulah yang kita minta, mereka (TNKS,red) harus memberikan kompensasi. Misalnya,  pembangun infrastruktur, melatih masyarakat dan kami tidak ingin uang itu diberikan kepada Pemerintah Daerah, tapi uang itu harus diberikan langsung kepada masyarakat," beber Adirozal.

    TNKS tidak hanya ada di Kerinci, Lanjut dia, namun juga di daerah lain, namun kenapa hanya Kerinci, saja yang diperketat melakukan penjagaan, sementara sarana prasarananya sangat minim diberikan untuk menjaga hutan tersebut.

    "TNKS tidak hanya di Kerinci, tapi juga ada di Muara Bungo, Merangin, Bengkulu, Pesisir selatan dan Solok selatan, tapi pengamanannya diperketat di Kerinci," beber Adirozal.

    Pengakuan Adirozal, Lanjut Bupati Kerinci, hingga saat ini pihaknya sangat terbatas dengan sarana prasarananya untuk menjaga hutan TNKS yang ada di Kabupaten Kerinci, bahkan, yang sangat memprihatinkan Polisi Hutan (Polhut) saat hanya ada tiga personil.

    "Sarana dan prasaran untuk menjaga hutan TNKS, SDM, penyuluh dan kenderaan sangat terbatas, sementara hutan yang dijaga sangat luas," tandasnya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Kontribusi TNKS Kerinci Dipertanyakan


    sumber:harianjambi.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kontribusi TNKS Kerinci Dipertanyakan Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library