• Pilihan

    Azhari : Kerinci merupakan lumbung pangan dari Prov.Jambi

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kab. Kerinci Azhari mengatakan bahwa Kab.Kerinci merupakan lumbung pangan dari Prov.Jambi, saat ini pertanian Kab.Kerinci mencapai seluas 16.000 ha (khusus padi), baik sawah irigasi dengan luas lahan sekitar 12.000 ha dan sawah tadah hujan sekitar 4.000 ha. 

    "Petani dengan luas tanah sekitar 12.000 ha telah mampu mencapai index pertanian sebanyak 2 kali dalam setahun sedangkan petani dengan luas lahan sekitar 4 ha hanya mampu mencapai index pertanian sebanyak 1 kali dalam satu tahun", ujarnya.

    Ia menambahkan, hasil pertanian Kab.Kerinci pada tahun 2014 mampu melampaui jumlah kuota target sekitar 7-8%, dengan ketentuan target sebanyak 141.000 ton. Sedangkan untuk program swasembada pangan 2015, Kab.Kerinci ditargetkan mampu mencapai produksi padi sebanyak 151.923 ton gabah kering giling (CKG), jagung sebanyak 5.223 ton pipilan kering (PK), kedelai sebanyak 2.048 ton biji kering (BK).

    "Untuk mensukseskan hal tersebut, Dinas Pertanian Kab.Kerinci bekerjasama dengan penyuluh (camat, lurah, dan jajarannya) dan TNI (Babinsa, Korem, Kodim), kemudian melakukan langkah-langkah seperti peningkatan index pertanaman untuk wilayah yang 1 kali satu tahun dengan jumlah sekitar 3.000 ha (sawah daerah irigasi), memperbaiki sarana dan prasarana pertanian seperti irigasi yang mengalami kerusakan, penerapan paket tekhnologi yang telah direkomendasikan oleh litbang Pertanian ", tukas Azhari.

    "Pemerintah telah memberikan bantuan secara nasional sebanyak 94 unit, namun bantuan tersebut belum sampai di tingkat Kabupaten Kerinci". tutupnya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Azhari : Kerinci merupakan lumbung pangan dari Prov.Jambi
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Azhari : Kerinci merupakan lumbung pangan dari Prov.Jambi Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library