• Pilihan

    “BERHARAP PNPM MPd. BERLANJUT – TAK PERLU UNJUK RASA”

    Toni Suherman, S.H.
    Tenaga Profesional Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat
    Sebanyak 26 ribu Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd.) Resmi mengakhiri Kontrak Kerja Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan dengan Satker PNPM MPd Provinsi periode T.A. 2014 pada tanggal 31 Desember 2014, serta menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawab sebelum kontrak berakhir, serta melakukan serah terima pekerjaan kepada masing-masing Penanggung jawab Operasional (PjO) di tiap tingkatan tugas di kecamatan, kabupaten dan provinsi, hal ini secara resmi di tindaklanjuti berdasarkan surat Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dirjen PMD) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) No. 414.2/10768/PMD tertanggal 29 Desember 2014, pada surat dimaksud atas nama Dirjen PMD yang ditandatangani oleh Sekretaris Direktorat Jenderal, Nata Irawan SH. M.Si. juga meminta kepada Satker PNPM Mandiri Perdesaan agar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Fasilitator atas partisifasi dan kontribusi pada PNPM Mandiri Peresaan. 

    Pemerintah Provinsi Jambi melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan (BPMPP) dalam menindaklanjuti Surat Dirjen PMD Kemendagri RI No. 414.2/10768/PMD tanggal 29 Desember 2014 tentang Kontrak Kerja Fasilitator PNPM Mpd. Menyampaikan hal yang sama tetntang berakhirnya kontrak kerja fasilitator per tanggal 31 Desember 2014 dan tentang penyelesaian tugas dan tanggung jawab sebelum kontrak berakhir serta perihal serah terima tugas, lebih rinci Kepala BPMPP Provinsi Jambi, Dra. Hj. Eni Harriyati menegaskan bahwa pertanggungjawaban Fasilitator yang harus diserah terimakan adalah terutama tentang Laporan Progres Kegiatan, Asset/Inventaris Program, Kondisi Keuangan UPK dengan melampirkan rekonsiliasi rekening, dan meminta Kaban PMD dengan menugaskan PjO Kabupaten untuk mengkoordinasikannya dengan Fasilitator Kabupaten, dan diharapkan kepada PJO kabupaten untuk melakukan validasi berita acara serah terima pertanggungjawaban Fasilitator paling lambat tanggal 31 Desember 2014, hal ini secara resmi tertuang pada surat BPMPP No. 802/BPMPP-3.1/XII/2014 yang ditujukan kepada Kaban PMD Kabupaten se-Provinsi Jambi dan Fasilitator Kabupaten se-Provinsi Jambi yang ditembuskan kepada Gubernur Jambi sebagai laporan dan kepada Bupati lokasi PNPM MPd. Se-Provinsi Jambi serta RMC II Provinsi Jambi.


    Selang beberapa hari, tepatnya hari ini Jum’at tanggal 2 Januari 2014, Dirjen PMD Kemendagri RI kembali mengeluarkan surat bernomor 414.2/001/PMD tentang Pengendalian Pendamping PNPM Mandiri Perdesaan, yang ditandatangani oleh Sekretaris Direktorat Jenderal, Nata Irawan SH. M.Si.yang ditujukan kepada Kepala Badan PMD Provinsi dan Kepala Badan PMD Kabupaten Lokasi PNPM Mandiri Perdesaan menyampaikan hal-hal dalam rangka keberlanjutan pengelolaan pendampingan PNPM Mandiri Perdesaan, Menteri Dalam Negeri telah menyampaikan surat Nomor 900/7743/SJ kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas dan surat Nomor 900/774/SJ kepada Menteri Keuangan untuk mendapatkan dukungan kebijakan perencanaan dan anggaran pelaksanaan DIPA PNPM Mandiri Perdesaan, Kemendagri Tahun 2015, Sambil menunggu tanggapan dan penetapan pelaksana anggaran Kemendagri Tahun 2015 lebih lanjut, diharapakan Kepala Badan PMD Provinsi dan Kabupaten dapat meninformasikan perihal sebagaimana diatas kepada seluruh fasilitator dan pelaku program, Kementerian Dalam Negeri akan menyampaikan perkembangan kebijakan setelah ditetapkannya kelengkapan pelaksana anggaran Tahun 2015.


    Di Provinsi Jambi dalam menyikapi perkembangan yang terjadi saat ini, serta dukungan yang ada terkait keberlanjutan PNPM Mandiri Perdesaan, baik dukungan oleh para pelaku program, masyarakat desa, maupun dukungan yang disuarakan oleh kepala daerah di Jambi yang kompak menolak rencana penghentian PNPM Mandiri Perdesaan diantaranya dari Bupati Bungo, H. Sudirman Zaini, Bupati Kerinci H. Adirozal, Bupati Batanghari Sinwan, SH. , Bupati Tanjabtim Zumi Zola, dan Bupati Merangin Al-Haris, melalui surat resmi yang dikirimkan kepada Menteri Desa dan Menteri Dalam Negeri seluruh Bupati beralasan bahwa saat ini kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan belum diselesaikan sepenuhnya di tingkat desa, bahkan para Bupati sekaligus menharapkan pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) Fasilitator/pendamping Pemberdayaan Masyarakat dari PNPM Mandiri Perdesaan dalam mempersiapkan pelaksanaan UU Desa, penyiapan yang dimaksud diantaranya penyiapan perangkat desa, penyiapan Perencanaan Pembangunan Desa, dan penyiapan regulasi pendukung implementasi UU Desa yang dapat di fasilitasi paling lambat April 2015.


    Dalamrangka memberikan kesempatan masyarakat desa dan daerah dalam menyiapkan aspek-aspek legal dan kapasitas pengelola dana bergulir, kelembagaan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Badan Pengawas-Unit Pengelola kegiatan (BP-UPK), Unit Pengelola Kegiatan (UPK) ditingkat kecamatan dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Tim Pemantau Kegiatan Dana Bergulir (TPKDB) baik tingkat kecamatan dan desa, Tim Pengelola Pelestarian Prasarana Desa (TP3D) Tim Penyusun Perencanaan Desa, Badan Kerjasama Desa (BKD), Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Tim Penulis Usulan (TPU), Tim Monitoring serta proses transisi fasilitator desa yang ada ditiap desa selaku Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) serta Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang masih membutuhkan pembinaan dalam pengembangan usaha serta masyarakat desa lokasi PNPM Mandiri Perdesaan pada umumnya, kami berharap PNPM Mandiri Perdesaan tetap berlanjut dan menghimbau kepada seluruh pelaku program dan masyarakat agar tetap dalam koridor yang ada sesuai aturan yang berlaku serta tidak gegabah untuk melakukan unjuk rasa.


    Penulis adalah:

    Toni Suherman, S.H. Tenaga Profesional Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Pimpinan Redaksi Buletin Suara Mandiri Merangin, Fasilitator PNPM MPd. 2011-2014, Fasilitator RIS PNPM 2009, Presiden BEM Unja 2001, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum 2000. 


    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: “BERHARAP PNPM MPd. BERLANJUT – TAK PERLU UNJUK RASA” Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library