• Pilihan

    Cara Buat Password yang Mudah Diingat Tapi Sulit Dibobol

    Password
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Sebagai garda pertahanan terdepan untuk komputer dan akun-akun penting Anda di internet, sudah seharusnya Anda memproteksi password dengan baik. Password sama halnya seperti celana dalam. Anda harus menggantinya dengan rutin, jangan biarkan orang lain menggunakannya, dan sembunyikan agar orang lain tak bisa melihatnya.

    Idealnya, password seharusnya tidak mudah ditebak oleh orang lain. Namun dalam prakteknya, banyak orang yang memilih membuat password yang mudah diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata-kata lain yang mudah ditebak.

    Password yang paling populer dipakai orang adalah "123456", "123456789", bahkan kata "password". Password ini tidak aman karena sangat mudah ditebak. Sebuah password haruslah:
    - minimal terdiri dari 6-8 karakter
    - terdiri dari gabungan huruf, angka, dan simbol

    Lalu bagaimana trik mudah membuat password yang mudah diingat namun sulit ditebak? Berikut kami sajikan tipsnya khusus untuk Anda.

    Kreatif, buatlah frase!

    Semakin panjang password yang digunakan, akan semakin sulit hacker menebaknya. Sebab hacker akan membutuhkan banyak waktu untuk membobolnya, meski dengan teknik yang paling canggih. Sebaliknya, makin sedikit karakter password, makin besar kemungkinan ditebak. Password yang paling banyak dipakai umumnya terdiri dari 6-8 karakter.

    Namun yang menjadi masalah, tidak semua orang bisa mengingat password yang panjang. Intinya bukan soal panjang pendeknya password, tetapi buatlah kreatifitas. Jadi meskipun password Anda tidak terlalu panjang, tapi tetap sulit ditebak.

    Caranya, buatlah frase yang mudah diingat. Misalnya yang menggambarkan tentang diri Anda atau kehidupan Anda. Contohnya "I Falling in Love With Sushi on 2013". Kemudian ambil huruf pertama dari setiap kata, sehingga passwordnya menjadi: "IFiLWSo2002".

    Secara kriteria, password tersebut terdiri dari 11 karakter, huruf besar dan kecil serta angka. Jika ingin pakai karakter simbol, ganti huruf I menjadi simbol "!" agar semakin sulit ditebak.


    Penting untuk diingat!

    - Ganti huruf menjadi angka atau simbol untuk mempersulit orang lain menebak password Anda.

    - Jangan buat password dengan menggunakan angka yang berurutan.
    Password berupa urutan angka biasanya adalah password default yang diberikan suatu layanan aplikasi. “1234”, “12345” atau dibalik menjadi “54321”. Jangan menggunakan password yang sangat mudah ditebak seperti ini.

    - Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki.
    Password yang sama justru membuat akun-akun Anda rentan pembobolan.

    - Anda juga bisa menggeser jari Anda 1 tuts ke sebelah kiri atau kanan dari yang seharusnya. Misalnya: password "newyork" menjadi "bwqtiej" (jika menggeser 1 tuts keyboard ke kiri) atau "mreuptl"  (jika digeser ke kanan).


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :



    Get Adobe Flash player
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Cara Buat Password yang Mudah Diingat Tapi Sulit Dibobol Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library