• Pilihan

    Daftar Pesawat yang Hilang Misterius Sepanjang Sejarah

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Insiden kecelakaan yang menimpa pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 di sekitar perairan Pulau Belitung pada Minggu, 28 Desember 2014 telah meninggalkan duka bagi keluarga. Kepiluan makin terasa setelah tersiar kabar ditemukannya enam jasad penumpang maskapai asal Malaysia tersebut.

    Meski diwarnai kesedihan, keluarga korban AirAsia QZ8501 setidaknya bisa sedikit lega. Jasad korban masih bisa ditemukan untuk mendapatkan pemakaman yang layak.

    Nasib kurang beruntung justru dialami korban kecelakaan pesawat di belahan dunia lain. Kasus pesawat hilang kontak sebetulnya bukan kali ini saja terjadi. Beberapa, bahkan tidak terkuak hingga kini.

    Mengutip laman Time.com, berikut adalah misteri hilangnya pesawat dalam sejarah penerbangan dunia:

    1. Malaysia Airlines MH370

    Hilangnya Malaysia Airlines MH370 adalah misteri panjang yang hingga saat ini belum bisa diungkap.

    Kasus MH370 telah menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia karena pencarian pesawat berikut penumpang dan awaknya terus dilakukan hingga saat ini.

    Apa yang terjadi dengan pesawat yang membawa 239 penumpang dan awak setelah meninggalkan Kuala Lumpur pada Maret lalu masih menjadi pertanyaan yang memicu putus asa seiring berlalunya waktu.

    2. Air France Flight 447

    Pesawat jenis Airbus A330 yang melakukan penerbangan dari Rio de Janeiro ke Paris jatuh ke Samudra Atlantik pada 2009, menewaskan 228 penumpang dan awak.

    Butuh lima hari penuh untuk mencari dan menemukan serpihan badan pesawat dan tiga tahun lainnya untuk mengetahui penyebab jatuhnya Air France 447 itu. Penyelidik melaporkan bahwa kristal es menjadi penyebab autopilot tidak berfungsi sehingga pesawat akhirnya jatuh. Namun demikian, sisa 74 jasad penumpang belum ditemukan hingga saat ini.

    3. Adam Air 574

    Inilah insiden kecelakaan pesawat paling misterius yang dialami Indonesia dalam satu dekade terakhir. Sebuah pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan 574 hilang kontak dalam perjalanannya dari Surabaya menuju Manado.

    Pusat kontrol kehilangan kontak dengan pesawat yang mengangkut 96 penumpang dan 6 kru pada 1 Januari 2007. Hingga saat ini, tim pencari memang sudah menemukan lokasi kotak catatan pesawat dan lokasi serpihan yang berada di kedalaman 2.00 meter di bawah laut.

    Namun, hingga 7 tahun berlalu tak ada satupun jenazah yang ditemukan. Bangkai pesawat pun belum bisa angkat meski berbagai upaya terus dilakukan tim.

    4. Amelia Earhart

    Salah satu legenda yang paling terkenal dan abadi dalam sejarah penerbangan adalah pilot wanita Amelia Earhart. Dia hilang bersama dengan pesawat monoplane (bersayap tunggal) bermesin ganda Electra di atas Samudera Pasifik pada tahun 1937 dalam upaya untuk mengelilingi dunia.

    Tidak ada bangkai pesawat Amelia yang pernah ditemukan meski melakukan upaya pencarian multi-juta dolar. Amelia secara resmi dinyatakan meninggal pada tahun 1939.

    5. Flying Tiger Line Flight 739

    Sebuah penerbangan militer AS meninggalkan Guam pada tahun 1962 dengan lebih 90 personil menuju Filipina, tapi tidak pernah tiba. Pilot tidak pernah mengeluarkan panggilan darurat dan 1.300 orang yang terlibat dalam pencarian militer AS tidak pernah menemukan jejak puing-puing. Seorang awak kapal tanker Liberia mengklaim melihat sebuah cahaya yang sangat terang di langit pada saat pesawat melakukan penerbangan. Namun Dewan Civil Aeronautics AS mengatakan 'tidak dapat menentukan kemungkinan penyebab insiden itu'.

    6. British South American Airways

    Butuh waktu lebih dari 50 tahun untuk menemukan jejak dari 11 orang yang berada di atas pesawat yang melakukan penerbangan tahun 1947 tersebut. Pesawat komersial ini menghilang di Pegunungan Andes, Argentina.

    Sepasang pemanjat tebing Argentina menemukan reruntuhan mesin di Andes pada tahun 1998 dan ekspedisi militer kemudian menemukan sisa jasad lainnya. Ada yang bilang pesawat menyebabkan longsoran ketika menabrak Gunung Tupangato dan para penumpang yang tewas terkubur salju.

    7. Segitiga Bermuda

    Kemisteriusan Segitiga Bermuda sudah sangat dikenal. Wilayah hamparan laut luas antara Florida, Puerto Rico, dan Bermuda ini juga dikenal sebagai Segitiga Setan.

    Dua pesawat penumpang British Airways Amerika Selatan menghilang di wilayah ini pada tahun 1948 dan 1949. Lebih dari 51 orang hilang dan tidak pernah ditemukan di dua penerbangan tersebut. Pada tahun 1945, lima pesawat pembom AS yang melakukan misi pelatihan di atas wilayah tersebut raib dan tidak pernah ditemukan. Pesawat berawak 13 orang yang dikerahkan untuk mencari lima pesawat tersebut juga ikut lenyap.

    8. Pesawat 571 Angkatan Udara Uruguay

    Sebuah penerbangan menuju Santiago, Chili yang membawa 45 penumpang dan awak jatuh di pegunungan Andes karena cuaca buruk pada tahun 1972, menewaskan 12 orang.

    Pihak berwenang tidak mengetahui bahwa ada yang selamat selama 72 hari. Sementara itu, delapan tewas karena longsoran salju yang melanda reruntuhan pesawat di mana mereka berlindung. Dan sisanya yang 16 orang, terpaksa menjadi kanibal dengan makan jasad temannya untuk tetap hidup. Ke-16 orang itu akhirnya ditemukan setelah lebih dari 2 bulan menghilang dari angkasa


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Daftar Pesawat yang Hilang Misterius Sepanjang Sejarah Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library