• Pilihan

    Jimly: Ada Potensi Pembubaran KPK

    Jimly Asshiddiqie
    Jimly Asshiddiqie

    "Kalau dibilang pelemahan (KPK) terlalu ringan, ini upaya pembubaran"


    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimmly Asshiddiqie menilai, ada sejumlah pihak yang secara kasat mata ingin membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi. "Kalau dibilang pelemahan (KPK) terlalu ringan, ini upaya pembubaran. 
    Ada potensinya," ujar Jimly saat dihubungi, Minggu (25/1/2015), menyikapi peristiwa yang dialami pimpinan KPK.

    Jimly mengatakan, KPK kini tengah menjadi sasaran tembak. Pasalnya, setelah Komisaris Jenderal Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka, para pimpinan KPK mulai diserang secara personal maupun lewat pidana. "Ini buruk, apalagi ketatkan aturannya kalau sudah jadi tersangka, dia bisa langsung dinonaktifkan. Kalau sudah jadi terdakwa, diberhentikan secara tetap," kata Jimly.

    Dengan demikian, kata Jimly, pimpinan KPK yang akan bertahan nantinya hanya tersisa satu atau dua orang. Menurut Jimly, kinerja KPK memberantas korupsi tidak akan maksimal hingga akhir masa jabatan pimpinan KPK pada Desember 2015.

    "Kalau sudah tinggal satu atau dua (pimpinan), ya tentu KPK jadi lumpuh. Yang saya khawatir kalau ini dibiarkan terus, nanti rekruitmen baru tidak akan ada sehingga sama aja dengan KPK-nya bubar, bukan lumpuh," ujar dia. Jika terus dibiarkan, kata Jimly, maka keadaan KPK dengan Polri akan semakin memanas karena terlihat adanya konflik di antara kedua lembaga penegak hukum itu.

    Jimly melihat, dukungan berbagai pihak terbelah antara KPK dengan Polri. Menurut dia, masyarakat cenderung mendukung KPK, sementara para elite partai dan pemerintah nampak lebih mendukung Polri. "Sebab kalau terus memanas, nanti seakan-akan antara institusi Polri dan KPK.

    Padahal bukan, ini kan masalah pribadi orang per orang," ujar Jimly. Bareskrim Polri menetapkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto sebagai tersangka. Bambang dituduh terlibat dalam memberi keterangan palsu dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi. Ia dituduh menyuruh para saksi untuk memberikan keterangan palsu dalam sidang sengketa pilkada di Kotawaringin Barat pada 2010.






    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Jimly: Ada Potensi Pembubaran KPK
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jimly: Ada Potensi Pembubaran KPK Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library