• Pilihan

    Kepala Daerah di Jambi Kompak Tolak Rencana Penghentian PNPM Mandiri Perdesaan

    KERINCINEWS.COM, JAMBI - Tidak akan ada lagi PNPM Mandiri Perdesaan terhitung 1 Januari 2015. Semua fasilitator akan diberhentikan, dan kondisi ini memancing reaksi berbagai pihak. Informasi yang dihimpun Tribun, kabar dihentikannya progran nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Perdesaan, cukup mengejutkan.

    Pasalnya, program ini adalah satu di antara program unggulan yang dibanggakan selama 10 tahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bupati Bungo, H Sudirman Zaini mengatakan, belum menerima kabar soal penghentian PNPM Perdesaan. Namun ia akui program ini sangat banyak memberi banyak manfaat bagi pembangunan di perdesaan.

    Ia katakan, dengan banyaknya manfaat, PNPM Perdesaan sangat dibutuhkan. "Sangat baik menurut saya. Jelas sangat dibutuhkan," ujarnya, Rabu (31/12) siang. Kelebihannya, ujar Sudirman, polanya adalah padat karya. Sehingga melibatkan banyak warga masyarakat sebagai partisipan aktif. Jadi berdampak langsung pula pada perekonomian masyarakat.

    "Kalau manfaatnya jelas banyak. Bangun TK, madrasah, dan banyaklah," ujar Sudirman lagi. Namun dia meyakini pemerintah pusat sudah siapkan program pengganti. Harapannya, program pengganti juga dengan pola padat karya sehingga manfaatnya menyentuh langsung. Tidak hanya Bupati Bungo yang bersuara, keinginan agar PNPM Perdesaan tetap berjalan juga disuarakan oleh Bupati Kerinci, H Adirozal.

    Menanggapi adanya rencana dihentikannya Program Nasional Pemberdayaan Masyatakat (PNPM), baik Mandiri Perdesaan (MP) maupun RIS, Bupati Kerinci, H Adirozal, malah menyarankan agar program ini ditingkatkan. Dikonfirmasi Tribun via telepon, orang nomor satu di Kabupaten Kerinci ini, mengaku program PNPM sangat baik, dan membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

    "Program ini dari masyatakat, dikerjakan masyarakat, dan untuk masyarakat. Hasil dari PNPM ini, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi," ungkap Bupati Kerinci, H Adirozal, yang sebelumnya pernah menjabat Wakil Wali kota Padang Panjang. Karena hasilnya baik dan sudah teruji, Bupati mengaku tidak sependapat jika PNPM harus dihentikan. "Sebaiknya jangan dihentikan. Kalau perlu program ini ditingkatkan lagi," pungkasnya.

    Dukungan agar PNPM Perdesaan tetap dilanjutkan juga disampaikan oleh Bupati Batanghari, Bupati Tanjabtim dan Bupati Merangin, yang disampaikan melalui surat dengan perihal surat; Dukungan Perpanjangan Program PNPM-MP, ditujukan kepada Menteri Desa dan Menteri Dalam Negeri. Dalam surat yang dikirim, seluruh bupati beralasan bahwa saat ini kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan belum diselesaikan sepenuhnya di tingkat desa.

    Selain itu, penyerahan aset yang ada saat ini tidak bisa dilakukan secara mendadak. Untuk itu, para Bupati meminta waktu pelaksanaan serah terima aset hingga Maret 2014. Selain melakukan penyerahan aset, perpanjangan hingga Maret 2014 juga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan daerah dalam menyiapkan aspek-aspek legal dan kapasitas pengelola dana bergulir, kelembagaan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Badan Pengawas-Unit Pengelola Kegiatan (BP-UPK), Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Tim Penanganan Masalah (TPM), Tim Penyusun Perencanaan Desa, dan Tim Monitoring maupun aset lain yang dikelola kelompok masyarakat di seluruh kecamatan dan desa.

    Dalam surat tersebut, bupati juga mengharapkan pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) Fasilitator/pendamping Pemberdayaaan Masyarakat dari Program PNPMMandiri Perdesaan dalam mempersiapkan pelaksanaan UU Desa. Persiapan yang dimaksid diantaranya penyiapan perangkat desa, penyiapan Perencanaan Pembangunan Desa, dan penyiapan regulasi pendukung implementasi UU Desa yang dapat di fasilitasi paling lambat April 2015.
    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : Kepala Daerah di Jambi Kompak Tolak Rencana Penghentian PNPM Mandiri Perdesaan
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kepala Daerah di Jambi Kompak Tolak Rencana Penghentian PNPM Mandiri Perdesaan Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library