• Pilihan

    Kerinci Kekurangan 40 Ribu Blangko E-KTP

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Terhitung mulai Januari tahun ini, pencetakan KTP Elektronik atau E-KTP, tidak lagi dilakukan oleh pemerintah pusat. Pasalnya, saat ini pencetakan E-KTP sudah diserahkan ke daerah.

    Pemerintah Kabupaten Kerinci sendiri, melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil sudah siap melakukan pencetakan, baik dari sisi peralatan maupun tenaga teknis. Untuk itu, Disdukcapil Kerinci menghimbau warga kerinci yang belum melakukan perekaman E-KTP, untuk segera melakukan perekaman.

    Namun, blangko E-KTP pada tahun ini masih dipasok oleh kementerian dalam negeri dengan jumlah yang terbatas. Dari sekitar 40 ribu kebutuhan blangko E-KTP, kemendagri baru mengirimkan sebanyak 3.192.

    Untuk mensiasati kekurangan blangko E-KTP ini, dinas Dukcapil mengaku terpaksa mengeluarkan surat keterangan penduduk, bagi warga yang belum memiliki E-KTP, atau yang E-KTP nya hilang, karena sejak awal tahun 2015, KTP manual tidak berlaku lagi.

    Dinas Dukcapil juga memprioritas pencetakan E-KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman pada tahun 2012, namun belum mendapatkan E-KTP. “Jika blanko sudah datang, maka tidak akan ada kendala lagi untuk melakukan perekaman,” kata Mulyadi, Kabid Kependudukan Disdukcapil Kerinci.

    Pantauan Tribun, dengan tidak berlakunya lagi KTP manual, jumlah operator yang sebelumnya melayani pembuatan KTP manual dikurangi oleh dinas dukcapil, dari sebelumnya 16 operator menjadi 6 operator.

    Operator sistim informasi administrasi kependudukan atau SIAK saat ini hanya melayani warga yang ingin membuat kartu keluarga dan akta kelahiran.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : Kerinci Kekurangan 40 Ribu Blangko E-KTP




    sumber: tribunjambi
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kerinci Kekurangan 40 Ribu Blangko E-KTP Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library