• Pilihan

    Produksi Padi di Siulak Menurun

    sawah
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Jaringan irigasi yang mengairi sawah di sejumlah desa dalam Kabupaten Kerinci kondisinya banyak yang rusak. Bahkan ada yang tidak bisa dimanfaatkan lagi. Kepala Dinas Pertanian Kerinci, Azhari, yang dikonfirmasi tidak menampik hal itu. “Saat ini banyak irigasi yang rusak dan tidak bisa difungsikan lagi,” akunya kemarin.


    Menurut Azhari, dengan kondisi seperti itu yang dirugikan adalah petani. "Kalau krisis pangan sih tidak. Tapi petani merugi. Produksi padi yang paling merosot di daerah Siulak hingga ke desa lainnya, dampak dari kerusakan irigasi Lubuk Nagodang," ungkapnya.


    Yongki, salah seorang petani Siulak, mengatakan, merosotnya pendapatan petani padi sawah di desanya karena kerusakan irigasi. "Karena tidak ada pengairan, petani rame-rame berpindah untuk menjadi petani jagung," katanya.

    Tidak hanya di Siulak saja, kerusakan irigasi juga terjadi di Desa Pancuran tiga. Bahkan saat ini irigasi tersebut tidak dimanfaatkan lagi. Petani malah memanfaatkan air selokan dengan volume yang kecil untuk mengairi lahan sawahnya.

    "Irigasi yang ada tidak berfungsi lagi, kami pakai bendera kecil saja untuk mengairi lahan sawah kami. Meski kami tahu jumlah airnya tidak cukup," sebutnya.


    Wakil Ketua Komisi III DPRD Kerinci, Yuldi Herman, meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci agar memperbaiki infrastruktur di Kabupaten Kerinci, terutama irigasi yang ada di Lubuk Nagodang. Pasalnya, irigasi di Lubuk Nagodang merupakan pusat air yang mengaliri irigasi di Kerinci dan Sungai Penuh.


    "Irigasi tersebut merupakan program PU Provinsi Jambi, untuk itu pihak PU Kerinci bisa menyurati Dinas PU Provinsi Jambi agar memperbaiki irigasi di Lubuk Nagodang sesegera mungkin dan cepat. Ini demi kepentingan masyarakat," pintanya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :



    Get Adobe Flash player



    jambi-independent.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Produksi Padi di Siulak Menurun Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library