• Pilihan

    SEML Akan Bor 7 Sumur di TNKS untuk Hasilkan Energi Uap Listrik

    KERINCINEWS.COM, Padang Aro - PT Supreme Energy Muaralabuh (PT SEML) Solok Selatan (Solsel) yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB), kembali berencana melakukan pengeboran sebanyak tujuh sumur pada akhir tahun 2015 di kawasan zona Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

    Berdasarkan aturan terbaru, untuk energi terbarukan pemerintah memperbolehkan memproduksi energi di dalam kawasan TNKS. Itu, sebagai bentuk dukungan pemerintah tentang percepatan pemenuhan energi terbarukan.

    Sebelum dilakukan pengeboran pihak PT SEML akan melakukan pengkajian kemiringan dan potensi yang terkandung di kawasan TNKS.

    “Untuk ketujuh sumur ini memang di dalam kawasan TNKS dan potensinya lebih besar. Namun, perlu mengkaji berbagai kemungkinannya termasuk kemiringannya,” kata Manager SHE PT SEML, Arif Taruna Prawira saat dikonfirmasi Padang Ekspres, kemarin.

    Dia menjelaskan, sebelum melakukan pengeboran, tapak sumur di tujuh lokasi akan disiapkan terlebih dahulu. Pengeboran tersebut dilakukan merupakan lanjutan dari pengeboran sebelumnya. Karena di sana memiliki potensi uap listrik yang lebih besar.

    “Pengeboran tujuh sumur lagi direncanakan akhir tahun 2015 atau awal tahun 2016 di arah Selatan,” paparnya

    Dia menyebutkan, dari tujuh sumur yang telah dibor sebelumnya, baru dua sumur yang memiliki potensi uap listrik yakni ML A1 dan ML H1. Sumur ML A1 bisa menghasilkan listrik 25 megawatt, sedangkan ML H2 hanya sekita enam hingga delapan megawatt. Kedua sumur itu diperkirakan hanya menghasilkan 33 megawatt. 

    Sedangkan lima sumur lagi, akan dipelajari lagi karakteristik sumurnya dan dilihat apa yang bisa dilakukan dengan sumur tersebut. Kelima sumur tersebut dimanfaatkan untuk sumur injeksi.

    “Di wilayah kerja produksi Liki-Pinangawan kami targetkan bisa menghasilkan listrik 2 x 110 megawatt,” ulasnya. 

    Rencananya, urai Arif, listrik yang dihasilkan dari PLTPB itu akan dijual lagi ke PLN sehingga dapat mengatasi risiko listrik padam.

    “Karena listrik merupakan kebutuhan pokok saat ini, baik untuk kebutuhan pabrik, kantor dan rumah warga di daerah ini. 220 MW ditargetkan bisa dinikmati pelanggan PLN khusus produksi Liki-Panangawan,” jelasnya. (*)

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : SEML Akan Bor 7 Sumur di TNKS untuk Hasilkan Energi Uap Listrik



    Get Adobe Flash player
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: SEML Akan Bor 7 Sumur di TNKS untuk Hasilkan Energi Uap Listrik Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library