• Pilihan

    Terlambat Diangkat Ekor AirAsia QZ8501 Segera Terendam Lumpur

    KERINCINEWS.COM, Kisah Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501 hingga saat ini telah memasuki hari keempat belas pada Sabtu (10/01/2015). Pencarian pada hari ini akan di fokuskan pada pengangkatan ekor Airasia yang dari beberapa hari yang lalu masih belum dapat diangkat ke dari kedalaman laut. Basarnas menyebutkan jika ekor AirAsia yang sudah ditemukan saat ini tidak denga cepat di angkat maka kemungkinan besar ekor tersebut akan dapat terendam oleh lumpur.

    Pernyataan seerti itu dikatakan oleh Direktur Operasional Bad SAR Nasional (Basarnas), SB Supriayadi mengatakan tidak ada skema khusus untuk pencarian yang dilakukan pada saat ini. Namun, Supriyadi menegaskan mengenai pengangkatan ekor Airasia QZ8501 harus segera dilakukan. Jika dibiarkan lebih lama maka proses pengangkatan juga akan lebih sulit, mengingat lumpur yang akan dapat merendam bagian dari ekor di dalam laut.

    “Lifting bag sedang diupayakan untuk dipakai. Ini ekor pesawat mungkin bisa lebih berat karena lumpur di sana, pasir juga sudah masuk ke dalamnya. Tetapi ini sudah diperhitungkan,” kata Supriyadi.

    Saat ini Tim SAR gabungan telah menyiapkan sekitar tujuh buah lifting bag atau kantong pengakat. Liftting bag yang digunakan saat ini merupakan beberapa yang dimiliki oleh TNI Angkataun laut yang berada di di Komando Armada Timur (Koarmatim), Surabaya, Jawa Timur.

    Tujuh liftting bag yang digunakan pada hari ini berkapasitas untuk mengangakat benda dengan berat maksimal 110 ton. Kepala Tim Penyelam Kapten Saiful Apriyanto menjelaskan, apabila ketujuh lifting bag itu terdiri dari kantong yang bisa diisi udara dan akan bisa mengangkut beberapa kapasitas, yaitu 35 ton dua, 10 ton tiga, dan lima ton dua.

    Sebenarnya pada Jumat (9/1/2015) kemaring, liftting bag itu telah terpasang di beberpa bagian ekor Airasia. Namun hingg sore hari proses pengangkatan belum dapat dilakukan dikarenakan derasnya arus bawah laut. Sehingg pada hari ini akan di targetkan ekor Airasia QZ8501 harus dapat terangkat. Dalam pencarian hari ini Sabtu (10/1/2015) proses pencarin masih di pimpin oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

    Disisi lain, Penyisiran dengan jalur udara untuk memantau di permukaan air juga masih berlangsung. Supriyadi menjelaskan, patroli udara menggunakan pesawat akan terus dilakukan  dalam mengantisipasi kemungkinan masih ada puing maupun korban yang muncul ke permukaan laut. “Mudah-mudahan tidak ada lagi, tetapi jika ada, akan kami angkat segera,” ucap dia.

    (Ikuti Update Klik #AirAsia)

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : Terlambat Diangkat Ekor AirAsia QZ8501 Segera Terendam Lumpur
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Terlambat Diangkat Ekor AirAsia QZ8501 Segera Terendam Lumpur Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library