• Pilihan

    Tips Jitu Bersihkan Kulkas dengan Cepat

    Kulkas
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Kulkas Anda bekerja setiap hari, menampung berbagai jenis makanan dan minuman. Walhasil, lama-kelamaan kulkas terlihat seperti lukisan abstrak yang biasa terdapat di museum seni. 

    Tapi kesenian ini bersifat interaktif dan tentunya tidak menyenangkan. Bakteri dan bau serta noda dapat menyebar melalui kompartemen dan ke makanan lain. Dan itu tidak baik untuk kesehatan.

    Lalu bagaimana cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar serta tidak menyita banyak waktu? Berikut tips jitu membersihkan kulkas dengan mudah dan cepat.

    Siapkan Alat Pembersih


    Siapkan cairan pembersih yang aman dan tidak mengandung senyawa kimia berat. Ada baiknya bila Anda menyiapkan larutan pembersih sendiri, seperti air yang dicampur cuka dengan perbandingan 1:1.

    Sebagai pelengkap, gunakan kain lap dan spons untuk membersihkan kotoran, membilas bagian dalam, dan untuk mengeringkan lemari es. Siapkan juga sikat gigi bekas jika diperlukan untuk menyikat sela-sela rak yang kotor.

    Keluarkan Makanan


    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih hari yang tepat ketika kulkas Anda belum terisi penuh dengan stok makanan dari supermarket. Tarik steker dan atur tombol suhu ke posisi off untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

    Jika masih ada makanan dalam kulkas, keluarkan semuanya dan pilah-pilah sesuai keadaan bahan makanan atau tanggal kadaluarsanya. Buang makanan yang telah busuk agar tidak menyebarkan bau atau kuman pada makanan lain yang masih fresh.

    Kumpulkan makanan sesuai jenisnya ke dalam wadah terpisah. Gunakan pendingin untuk ikan, daging, sayuran, dan makanan lain yang mudah busuk.

    Bersihkan rak dan laci


    Lepas rak dan laci dari dalam kulkas dan rendam ke dalam air hangat yang telah diberi cairan antibakteri. Setelah itu sikat secara menyeluruh menggunakan sikat halus, seperti sikat gigi dan bilas hingga bersih.

    Anda juga bisa membilasnya dengan perasan air lemon untuk memberikan aroma segar dan menghilangkan bau tak sedap. Selanjutnya jangan lupa untuk mengeringkan kulkas dengan kain lap kering dan bersih.

    Cairkan bunga es


    Jika kulkas Anda dilengkapi freezer yang menghasilkan bunga es, maka Anda perlu mencairkannya secara berkala agar freezer tetap berfungsi dengan optimal. Untuk mencairkan bunga es dengan cepat, rebus satu atau dua panci air dan masukkan ke dalam freezer.

    Lalu, tutup pintu freezer agar uap panas cepat mencairkan bunga es. Jika memungkinkan, ganti air dalam panci yang sudah dingin dengan air panas. Setelah itu bersihkan genangan air dalam freezer dengan kain lap kering dan buang potongan bunga es ke dalam wastafel

    Bersihkan bagian luar kulkas


    Setelah bagian dalam kulkas dirasa sudah bersih, disarankan untuk membersihkan bagian luar kulkas. Sebelum melakukan langkah ini lepas beberapa tempelan magnet yang melekat (jika aksesoris itu ada pada kulkas Anda).

    Lalu, bersihkan dengan menggunakan kain lap, bilas, dan keringkan. Cuka yang telah dicairkan dengan air juga bisa digunakan untuk menjaga permukaan kulkas tetap mengkilap dan terlihat seperti baru.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Tips Jitu Bersihkan Kulkas dengan Cepat
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tips Jitu Bersihkan Kulkas dengan Cepat Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library