• Pilihan

    21 Penyidik KPK Calon Tersangka Senpi Ilegal

    Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Budi Waseso
    Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Budi Waseso 
    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Budi Waseso ingin secepatnya menetapkan 21 penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus senjata api (senpi) ilegal. Izin senpi yang dibawa para penyidik KPK, diduga telah habis masa berlakunya antara 2011 dan 2012.

    "Saya maunya (penyidikan) secepatnya supaya masyarakat tahu informasi itu benar atau tidak, jangan asumsi," ujar Budi Waseso di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/2) sore.

    "Kalau buktinya cukup terkait penggunaan senpi ilegal, 21 orang itu pasti jadi tersangka," imbuh jenderal bintang tiga yang namanya kerap dipendekkan menjadi Buwas itu.

    Buwas juga mengatakan, para penyidik KPK tersebut dapat dijerat dengan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 yang ancaman hukumannya kurungan penjara maksimal 12 tahun. "Kepemilikan senpi ilegal itu sangatlah berbahaya dan pelanggaran hukum yang berat," ujarnya.

    Namun, Buwas juga mengatakan penetapan tersangka merupakan wewenang penyidik Bareskrim Polri yang menangani perkara itu. Meskipun dirinya sebagai Kabareskrim, Buwas mengaku tidak bisa mengintervensi para penyidik.

    Beberapa waktu lalu, penyidik Bareskrim Polri memulai penyelidikan dugaan senpi ilegal oleh para penyidik KPK. Buwas mengatakan, penyelidikan itu berawal dari laporan warga masyarakat. Namun, tidak menyebutkan siapa orang yang melaporkan informasi tersebut ke Bareskrim Polri.

    Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen di Mabes Polri, penyidik Bareskrim menduga kuat ada 21 senpi di tangan penyidik KPK yang sudah habis izinnya. Rata-rata, izin senpi itu habis pada 2011 dan 2012 namun tidak diperbarui.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :21 Penyidik KPK Calon Tersangka Senpi Ilegal

    tribunnews.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 21 Penyidik KPK Calon Tersangka Senpi Ilegal Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library