• Pilihan

    DPRD : Uang Jakon Haram Masuk Kerinci

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Kendati telah menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kab. Kerinci,  namun pihak PT Jakon masih dinilai tidak patuh aturan. Dalam hal penambangan galian C milik PT Jakon tersebut, kembali mendapat kritikan keras dari anggota DPRD Kab. Kerinci. Bahkan pembayaran pajak dari perusahaan tersebut dianggap haram.

    Hal ini disampaikan oleh Yuldi Herman selaku Sekretaris Komisi III DPRD Kab. Kerinci ketika dikonfirmasi SR28 di ruang kerjanya, Rabu,(04/02). Ia mengatakan, dalam hal usaha yang berjalan itu, wajib patuh terhadap aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

    "Memang kita tidak menyalahkan bahwa PT Jakon itu sudah menyumbang PAD bagi Kab. Kerinci, namun yang perlu kita sikapi serius kali ini adalah mengenai izin usaha galian C yang dilakukan oleh pihak perusahaan itu yang belum jelas," kata Yuldi Herman.

    Ketua DPD PAN Kab. Kerinci itu juga menyayangkan penggunaan alat berat dalam usaha galian C-nya itu. "Alasannya itukan pertambangan rakyat. Izin Pertambangan Rakyat (IPR), tapi menggunakan alat berat. Itu yang kita sayangkan," cetusnya.

    Tidak tanggung-tanggung ia pun menyebutkan perusahaan Jakon haram masuk ke kas daerah Kab. Kerinci.

    "Saya haramkan uang Jakon masuk ke kas daerah Kab. Kerinci. Hati-hati, karena ini (galian C) tidak ada izinnya. Dan mengkaji dampak lingkungannya yang juga serius mencemari," tegas Yuldi yang akrab disapa Bujang Hitam.

    Menanggapi hal ini, Muslihudin selaku Kepala Badan Penanaman modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPM-PPTSP) Kab. Kerinci ketika dikonfirmasi SR28 menyebutkan dalam hal penertiban izin galian C perlu dilakukan secara bertahap.

    "Ya, PT Jakon ini salah satu PT yang tergolong besar. Bagaimana kita mengupayakan adanya pendekatan saling menyumbang ide, dan nantinya mengarah kepada izin yang disebut oleh anggota Dewan itu tadi," ungkapnya.

    Ia menambahkan, dalam perizinan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku dan sekaligus penyumbang PAD.

    "Mari kita sama-sama mencari upaya untuk menggenjot PAD. Dengan adanya PAD inilah rakyat bisa sejahtera," katanya. 


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :DPRD : Uang Jakon Haram Masuk Kerinci


    sr26jambinews.com


    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: DPRD : Uang Jakon Haram Masuk Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library