• Pilihan

    HBA Janji Sukseskan Pembangunan Jalur Kereta Api

    KERINCINEWS.COM, JAMBI - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus berjanji akan fokus menyukseskan pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera yang merupakan program pemerintah pusat.

    Hal tersebut ditegaskannya usai rapat Percepatan Pembangunan Jalur Kereta Api Trans Sumatera bersama Dirjen Perkeretaapian Kementerian Pehubungan RI di Jambi, Sabtu.

    "Saya akan fokus sepenuhnya untuk menyukseskan kegiatan pembangunan rel kereta api ini, dan ini sangat mendasar betul. Yang namanya angkutan kereta api ini sepuluh kali lipat untungnya dari angkutan darat," kata Hasan Basri.

    Menurut gubernur, transportasi kereta api bisa mengangkut ribuan orang dalam satu kali pemberangkatan, termasuk puluhan ton batubarapun bisa diangkut. Jika mengunakan mobil tentu diperlukan puluhan mobil, belum lagi potensi kerusakan jalan akibat mobil tersebut.

    "Jadi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan akan mengambil langkah dengan kebijakan Presiden, pak Jokowi. Saya pikir ini sangat tepat dan luar biasa, sistem kerja beliau-beliau ini saya lihat memang luar biasa, pokoknya kita tidak perlu banyak omong, main cepat-cepatan (kerja)," ungkapnya.

    Di samping itu, Hasan Basri juga mengaku bahwa dirinya bersama gubernur lain sudah berapa kali dikumpulkan oleh Menteri Perhubungan, mulai dari masalah proyek Menhut katanya sangat terbuka.

    "Kita memang betul-betul termotivasi untuk ikut mensukseskan kegiatan ini. Oleh sebab itu, kita akan mengambil langkah. Setelah ini, akan ada tim dari Kementerian Perhubungan yang akan kerja di sini, kita siapkan kantor di Bappeda untuk melakukan koordinasi, jadi setiap hari kita bisa koordinasi," ujarnya.

    Saat pertemuan dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Pehubungan Hermanto Dwiatmoko, tergambar bahwa Provinsi Jambi resmi masuk rel kereta api sepanjang 200 kilometer dari batas Sumatera Selatan hingga batas Riau.

    Pembangunan rel kereta api ini akan dikebut dalam waktu lima tahun dimulai tahun 2015 hingga 2019 dengan target selesai.

    "Sebenarnya dalam rencana induk perkeretaapian nasional, Trans Sumatera baru akan�dibangun tahun 2030, tapi atas permintaan Pak Presiden, Jokowi, proyek ini harus dikebut lebih awal," kata Hermanto.

    Dikatakannya, rel kereta api trans Sumatera dari Aceh hingga Lampung sepanjang 1.400 kilometer yang akan dibiayai melalui APBN. Rencananya stasiun untuk Jambi akan dibangun dikawasan Talang Gulo.

    Pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah mengenai pembebasan lahan yang akan dilintasi rel. Jika pembebasan lahan cepat selesai maka daerah tersebut akan lebih dahulu dilakukan pekerjaannya.

    Terkait usulan dari Pemprov Jambi membangun rel kereta api yang menghubungkan beberapa Kabupaten, Hermanto sangat didukung. Namun untuk saat ini katanya yang menjadi prioritas utama adalah pembangunan kereta api Trans Sumatera.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :HBA Janji Sukseskan Pembangunan Jalur Kereta Api
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: HBA Janji Sukseskan Pembangunan Jalur Kereta Api Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library