• Pilihan

    Jokowi Tunjuk Badrodin Haiti Calon Kapolri, PDI-P Kecewa?

    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Badrodin Haiti ditunjuk presiden Jokowi sebagai calon kapolri menggantikan Budi Gunawan. Sikap presiden yang batal melantik BG dan memilih Badrodin yang selama ini menjadi plt Kapolri, menimbulkan berbagai reaksi. Benarkah PDIP kecewa karena keputusan Joko Widodo?

    Setelah menunggu sekian lama, akhirnya presiden Jokowi mengumumkan keputusan terkait calon kapolri, pemberhentian dua pimpinan KPK, dan pengangkatan tiga orang komisioner sementara KPK. Hal ini disampaikan langsung oleh presiden di Istana Merdeka pada Rabu (18/2).

    Budi Gunawan awalnya muncul sebagai calon tunggal kapolri pilihan presiden, dan disepakati secara bulat oleh DPR sebagai orang nomor satu di kepolisian RI. Namun, KPK menetapkannya sebagai tersangka dalam kasus gratifikasi. Polemik mengenai hal ini berlarut-larut hingga Senin (16/2) kemarin dalam sidang pra peradilan, Hakim Sarpin memutuskan penetapan BG meniad tersangka oleh KPK tidak sah.

    Di luar dugaan, Presiden Jokowi hari ini justru batal melantik Budi Gunawan. Ia beralasan bahwa, “pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat.” BG diharapkan Jokowi tetap memberikan kontribusi terbaik untuk Polri, apa pun jabatan yang nanti diemban di kemudian hari.

    Sebagai ganti calon kapolri, nama Badrodin Haiti ditampilkan sang presiden. Sebelumnya ia menjabat sebagai wakapolri dan menjadi plt setelah Sutarman diberhentikan dari posisi orang nomor satu di kepolisian. Namun ini tidak membuat riak-riak berakhir.

    Badrodin Haiti mungkin ‘netral’ bagi sebagian kalangan. Hanya, batal dilantiknya Budi Gunawan justru membuat politikus PDIP, Trimedya Panjaitan kecewa. Pasalnya sejak awal ia memang berharap BG-lah yang duduk di kursi teratas.

    “Kami berharap Jokowi melantik Budi Gunawan, tentu kami kecewa,” kata Trimedya seperti dikutip CNN Indonesia. Ia mengungkap kekecewaan itu hanyalah opini pribadi, bukan pendapat partai atau fraksi.

    Apakah dengan menepikan Budi Gunawan, Jokowi justru harus berhadapan dengan partai pengusungnya sendiri?


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : Jokowi Tunjuk Badrodin Haiti Calon Kapolri, PDI-P Kecewa?
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jokowi Tunjuk Badrodin Haiti Calon Kapolri, PDI-P Kecewa? Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library