• Pilihan

    Masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh Kecewa Terhadap HBA

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Keinginan masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, agar dibangun jalur keretaapi untuk menghubungkan kedua wilayah ini dengan Ibu Kota Provinsi Jambi nampaknya tidak bisa terlaksana.

    Pasalnya, rencana pembangunan jalur karena api trans Sumatera, sepanjang 200 KM yang MOU nya sudah ditandatangani oleh Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, bersama dengan Kementerian Perhubungan RI, tidak melewati wilayah Kabupaten Kerinci.

    Padahal, jalur kareta api sudah sangat lama diidam-idamkan warga. Selain sebagai jalur evakuasi, jalur kareta api ini juga diharapkan bisa menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat, dengan mempermudah pengangkutan hasil pertanian dari Kerinci keluar daerah.

    “Ya, kami kecewa terhadap Pemerintahan Provinsi Jambi saat ini. Padahal, Kabupaten Kerinci yang mengusulkan jalur keretaapi, namun malah Kerinci yang tidak kebagian,” kata Dedi, tokoh pemuda Kerinci, Jumat (30/1).

    Saat terjadi bencana katanya, seperti letusan Gunung Kerinci, warga akan menjadi mayat karena tidak ada tempat menyelamatkan diri. “Sepertinya jambi emas tidak berlaku di Kerinci,” ungkapnya.

    Sebelumnya, Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, mengatakan sebagai langkah antisipasi bencana, Pemkab Kerinci telah mengajukan proposal ke Bappenas. Karena saat terjadi bencana hanya keretaapi yang bisa beroperasi untuk mengevakuasi masyarakat dari Sungai Kuning ke Muaro Bungo.

    "Mudah-mudahan rencana pembangunan rel kereta api ini bisa terwujud. Untuk itu diperlukan peran aktif masyarakat dan Pemprov Jambi, dalam mendukung pembangunan jalur evakuasi ini,” tegasnya.



    tribunjambi



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh Kecewa Terhadap HBA
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh Kecewa Terhadap HBA Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library