• Pilihan

    PDIP Bungo Deadlock, Tebo Dipending

    PDIP JAMBI

    KERINCINEWS.COM, JAMBI - Konferensi cabang (konfercab) PDIP se-Provinsi Jambi yang digelar serentak di Asrama Haji Kotabaru Kota Jambi kemarin (23/2), tidak sepenuhnya berjalan lancar. Dua daerah tidak bisa menghasilkan ketua terpilih: Kabupaten Tebo dan Bungo. Untuk DPC Tebo, DPP ternyata belum menurunkan tiga nama. Sementara Kabupaten Bungo gagal melaksanakan konferensi sehingga harus diambil alih DPP.
    Wakil Sekretaris Jendral DPP PDIP, Ahmad Basarah, mengatakan, mekanisme pemilihan ketua dalam konfercab adalah musyawarah mufakat. Apabila tidak tercapai, sesuai aturan, DPP mengambil alih konfercab. “Dari 11 cabang yang ada di Provinsi Jambi, 9 DPC sudah melaksanakan konfercab dengan lancar,” katanya saat ditemui usai mengambil sidang DPC PDIP Bungo.

    Ada dua DPC yang belum menghasilkan ketua, yakni DPC Bungo karena gagal melaksanakan konfercab. “DPC Bungo gagal, Kami ambil pimpinan sidang dan menyatakan konfercab gagal, kita skrosing dan diambil alih,” ucapnya.
    Ada beberapa alasan DPP mengambil alih. Pertama, laporan pertanggungjawaban Ketua DPC ditolak. Salah satunya karena LPJ tidak dibuat secara tertulis tapi hanya disampaikan secara lisan.

    Yang kedua, salah satu calon yang direkomendasikan DPP tidak hadir dengan alasan tidak jelas. Sementara ada tiga nama yang turun. Satu nama ketua yang LPJ-nya ditolak dan satu tidak hadir. “Saya sudah bersikap konfercab tidak dapat dilanjutkan,” jelasnya.
    Berikutnya, untuk Tebo sebenarnya tidak ada masalah. Hanya saja, dipending karena tiga nama belum turun. Ini hanya alasan teknis karena tiga nama dari HIMPSI belum dikeluarkan untuk memberikan asessment. “Jadi karena soal teknis saja,”ucapnya.

    Ketua DPC Tebo, Wartono Triyan Kusumo, mengatakan, secara teknis tidak tahu alasan dipendingnya Kabupaten Tebo. “Yang jelas dari DPP belum keluar,” ujarnya, kemarin.
    Agenda penyampaian laporan pertanggungjawaban sudah dilakukan dan PAC bisa menerimanya. Saat ini, tinggal menunggu tiga nama. “Jadi dipending sampai 1 Maret,” pungkasnya.

    Sementara itu, berdasar pantauan koran ini, asrama Haji Kota Baru, suasana konfercab berlangsung tegang. Karena tiga nama dari DPP baru diketahui pada saat sidang. Tentu saja, bagi beberapa namanya yang tidak masuk ada yang tidak puas. Meski tidak sampai terjadi kreibutan.

    Sekretaris DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto mengatakan, pelaksanaan konfercab secara umum berjalan lancar. Kalaupun ada beberapa persoalan, tapi bisa diselesaikan secara mufakat. Adapun hasilnya, untuk Kota Jambi MA Fauzi, Batanghari Ibrahim, Muarojambi Yuli Setia Bakti, Sungai Penuh Hardizal, Kerinci Edison, Tanjab Timur Gatot, Merangin Zaidan Ismail, Tanjab Barat Mulyana S.

    Terpisah, Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Irsal Yunus mengatakan, jika dalam konfercab nanti tidak ada pemilihan ketua secara voting. Ini sesuai dengan SK 066 dan SK 067 yang mengatur mekanisme pencalonan. "Proses penjaringan sudah lewat. Dari bawah. Itu dari dua bulan lalu," ujarnya.

    Ia mengatakan, agenda konfercab sendiri dipusatkan di Kota Jambi. 11 kabupaten dan kota menggelar agenda. Berikutnya, dalam agenda konfercab ini tiga nama yang direkomendasikan DPP nantinya dibawa ke forum. Mereka dipersilakan untuk bermusyawarah. Jika tidak ada kata sepakat, maka diambil alih DPP.

    "Jadi tidak ada voting. Karena prosesnya sudah berjalan dari bulan lalu," katanya


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :PDIP Bungo Deadlock, Tebo Dipending

    jambi-independent.co.id
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PDIP Bungo Deadlock, Tebo Dipending Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library