• Pilihan

    Pemburu Batu Giok Kerinci Tertipu Rp 50 Juta


    KERINCINEWS.COM, KERINCI -  Seorang pengusaha pecinta Batu Giok asal Sibolga, Sumatera Utara, Kasman Pasaribu, tertipu di Kerinci, Jambi. Dia harus kehilangan Rp 50 Juta, karena Giok yang dibelinya ternyata palsu.


    Peristiwa tersebut terjadi pada Juli 2014 lalu, namun baru dilaporkan korban ke Mapolres Kerinci akhir Januari, kemarin 2015. Saat ini, kasus batu giok tersebut sedang ditangani penyidik Polres Kerinci.


    Kasat Reskrim Polres Kerinci, AKP Naibaho, didampingi KBO Reskrim, Ipda Maizardi menjelaskan, kejadian tersebut berawal dari informasi yang didapat oleh Kasman Pasaribu melalui perantara, bahwa di Kabupaten Kerinci ada yang ingin menjual Batu Giok. Atas informasi tersebut, akhirnya korban saling berkomunikasi dengan tersangka yang mengaku bernama Hasan dan Ali.


    "Setelah melakukan beberapa kali komunikasi, akhirnya Kasman sepakat membayar uang muka sebesar Rp 20 juta. Kemudian dia datang ke Kerinci untuk menjemput Batu Giok yang dijanjikan tersangka," jelasnya, sebeprti diberitakan Jambi Independent (harian satu grup dengan RadarPena.com di WSM Media Group).


    Setelah sampai di Kerinci, korban bertemu dengan tersangka di Tugu Macan, Kayu Aro, untuk melakukan transaksi. Karena harga yang disepakati Rp 50 juta, akhirnya korban memberikan uang tambahan kepada tersangka sebesar Rp 30 juta. Dan tersangka pun menyerahkan Batu Giok yang katanya warna hijau kepada korban.


    Menurut Naibaho, saat penyerahan Batu Giok tersebut disimpan tersangka dalam karung. '' Ketika itu tersangka melarang korban membuka karung berisi batu giok tersebut. Tersangka beralasan, karung baru boleh dibuka setelah ada batu giok merah. Jika tidak, maka Giok Hijau akan berubah," jelasnya.


    Ketika itu, kedua tersangka juga menjanjikan Batu Giok merah kepada korban. Namun, karena saat itu situasi sedang tidak aman, korban diminta menjauh karena takut dikejar massa. Korban yang sempat kabur ke perbatasan Solok, akhirnya kembali ke Sibolga, setelah mendapat informasi dari tersangka, yang berjanji akan menyerahkan Batu Giok Merah setelah situasi di Kerinci kembali tenang.


    Setelah lama menunggu, akhirnya korban mulai curiga bahwa Hasan dan Ali berniat menipunya. "Korban akhirnya nekat membuka bungkusan karung batu Giok itu dan ternyata isinya hanya semen yang di cat hijau. Untuk mengungkap kasus ini, kita menemui kesulitan, lantaran korban tidak tahu alamat dan identitas pelaku. Bisa saja tersangka menggunakan nama palsu, untuk menghilangkan jejak," kata Naibaho.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Pemburu Batu Giok Kerinci Tertipu Rp 50 Juta
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemburu Batu Giok Kerinci Tertipu Rp 50 Juta Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library