• Pilihan

    Peralihan Fungsi Lahan PTPN VI Dilakukan Uji Coba, Subur Budiman : Soal Izin Dikaji Betul

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Peralihan fungsi kebun teh PTPN VI Kayu Aro menjadi kebun kopi saat ini sedang dilakukan uji coba penanaman. Terhitung dari 2.700 ha lahan kebun teh, rencananya akan digarap seluas 1.001 ha. Namun saat ini, pihak PTPN VI sendiri telah melakukan uji coba seluas 12 ha.

    Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin kepada SR28 mengatakan, dalam peralihan fungsi tersebut, dibutuhkan duduk bersama, baik eksekutif, legislatif, serta pihak PTPN VI. Serta mengkaji seperti apa bentuk program perkebunan dan juga dampak terhadap peningkatan PAD Kab. Kerinci.

    "Apakah itu dalam bentuk plasma atau bentuk kemitraan lain. Jika dalam kajiannya nanti layak, maka perlu komitmen yang tegas kemudian dituangkan dalam bentuk tertulis yang wajib dipenuhi bersama," harap Wabup, Selasa,(03/02) via telpon.

    Pada hari ini, Selasa, (3/2) pihak Komisi III DPRD Kab. Kerinci melakukan hearing bersama PTPN VI Kayu Aro terkait peralihan fungsi lahan kebun yang merupakan sebagian lokasi budaya dan obyek wisata andalan Kab. Kerinci dari sejak penjajahan Belanda.

    Subur Budiman, Ketua Komisi III DPRD Kerinci kepada SR28 mengatakan, bahwa pihak Dewan belum menyetujui adanya peralihan itu. Hanya saja, dalam alih fungsi lahan térsebut dikaji lebih dalam agar berjalan seperti yang diharapkan.

    "Ya, kita saat ini melakukan hearing bersama pihak PTPN VI Kayu Aro terkait alih fungsi lahan perkebunan teh Kayu Aro ke perkebunan kopi. Namun perlu dicermati bahwa kami belum memberikan rekomendasi dalam pengeluaran izin usaha," terangnya.

    Hasil hearing bersama perusahaan itu kata Subur, adapun alasan pihak PTPN VI melakukan alih fungsi disebabkan merugi dari sejak 12 tahun terakhir.

    "Alasan mereka sejak 12 tahun terakhir merugi. Maka mereka menginginkan adanya peralihan fungsi ke lahan kopi, namun izin nanti diketahui oleh Dewan," ujarnya.

    Terkait konstribusi kata Subur lagi, pihak PTPN VI masih belum memberikan jawaban. Namun, dalam hal ini kita mengharapkan akan dibicarakan lebih lanjut.

    "Mereka belum jawab soal kontribusi untuk daerah. Dalam hal ini kita akan membicarakan lebih lanjut dengan melibatkan Pemkab Kerinci dalam mencari solusi soal kontribusi yang akan disepakati nanti atau dengan membuat MoU bersama," tukasnya.

    Mewakili anggota lainnya, ia mengharapkan nantinya agar pekerja melibatkan orang Kerinci. Bukan pekerja yang menangani soal teh selama puluhan tahun itu.

    "Kita tetap akan merekomendasikan agar pihak perusahaan membuka kesempatan untuk masyarakat Kerinci. Dikarenakan masyarakat Kerinci dinilai lebih unggul dalam mengelola perkebunan kopi," ungkapnya. 


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Peralihan Fungsi Lahan PTPN VI Dilakukan Uji Coba, Subur Budiman : Soal Izin Dikaji Betul

    sr28jambinews.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Peralihan Fungsi Lahan PTPN VI Dilakukan Uji Coba, Subur Budiman : Soal Izin Dikaji Betul Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library