• Pilihan

    Sungai di Desa Semumu Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Puluhan rumah warga Semumu Kecematan Depati Tujuh Kabupaten Kerinci terendam banjir dadakan Jum’at malam sekitar pukul 19.00 Wib, setelah Kerinci diguyur hujan cukup deras dari siang hingga malam hari.

    Banjir yang melanda desa Semumu ini salah satunya disebabkan karena Sungai Semumu tidak mampu menampung tingginya debit Air Sungai, dan juga diperparah dengan tidak berfungsinya drainase di beberapa titik di Desa Semumu.

    Kepala Desa Semumu, Juni Apri ditemui harianjambi.com mengatakan hujan lebat dari siang sampai sore hari mengakibatkan puluhan rumah warga terendam banjir. “Ya, setelah diguyur hujan, dan air Sungai Semumu naik cukup tinggi sehingga air tumpah ke rumah warga, disamping drainase di sepanjang jalan Provinsi juga tidak berfungsi dengan baik," jelasnya.

    Dia mengatakan sebelumnya, warga pernah memblokir jalan tersebut dan meminta agar pemerintah memperbaiki saluran drainase di desa Semumu sehingga masyarakat tidak lagi terkena banjir, masyarakat akan tagih janji kepala Dinas PU Kerinci.

    “Saat itu kepala Dinas PU berjanji akan memperbaikinya paling lambat pada bulan Februari 2015 mendatang, kalau tidak diperbaiki maka warga akan kembali memblokir jalan tersebut,” ungkapnya.

    Dikatakan Kepala Desa Semumu, bahwa banjir yang terjadi pada Jum’at malam menggenangi sekitnya 30 buah rumah warga Semumu. “Akibat banjir warga juga mengalami kerugian materil, seperti banyak alat bangunan yang dibawa arus Sungai, belum lagi warung juga terkena banjir,” jelasnya.

    Hal ini sering terjadi saat musim penghujan tiba, hampir dalam satu tahun terjadi 3 sampai dengan 4 kali banjir, namun pemerintah Kabupaten Kerinci belum memberikan solusi agar masyarakat tidak lagi terkena banjir. “Dalam satu tahun sampai empat kali terjadi banjir,"kata Kepala Desa Semumu kemarin.

    Lanjutnya, meskipun banjir hanya terjadi selama tiga jam namun warga tetap risih dengan kondisi seperti ini. “Kalau sudah banjir setidaknya tiga jam baru airnya surut,” Jelasnya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sungai di Desa Semumu Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library